kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Hamas Tolak Perundingan Kecuali Israel Menghentikan Perang di Gaza


Jumat, 31 Mei 2024 / 16:34 WIB
Hamas Tolak Perundingan Kecuali Israel Menghentikan Perang di Gaza
ILUSTRASI. Hamas mengatakan bahwa mereka menunjukkan fleksibilitas selama negosiasi . REUTERS/Hatem Khaled TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hamas mengatakan bahwa mereka telah mengatakan kepada para mediator bahwa mereka tidak akan mengambil bagian dalam perundingan tidak langsung selama agresi yang sedang berlangsung, namun mereka siap untuk sebuah kesepakatan lengkap termasuk pertukaran sandera dan tawanan jika Israel menghentikan perangnya di Gaza.

Pembicaraan yang dipimpin oleh mediator utama Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat untuk mengatur gencatan senjata antara Israel dan kelompok Palestina yang memerintah Gaza telah berulang kali terhenti, dengan kedua belah pihak saling menyalahkan satu sama lain atas kurangnya kemajuan.

Pernyataan Hamas pada hari Kamis itu muncul ketika Israel terus melanjutkan serangan ke Rafah di Gaza selatan, meskipun ada perintah dari Mahkamah Internasional (ICJ), pengadilan tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), untuk menghentikan serangannya.

Hamas mengatakan bahwa mereka menunjukkan fleksibilitas selama negosiasi dan bahwa mereka telah memasuki setiap putaran pembicaraan sebelumnya dengan semangat "positif", termasuk putaran terakhir ketika mereka menyetujui kesepakatan yang diusulkan oleh mediator pada tanggal 6 Mei - tidak lama setelah pasukan Israel memulai serangan darat yang banyak dikritik di Rafah.

Baca Juga: Sederet Seleb Dunia Turut Unggah All Eyes on Rafah

"Hamas dan faksi-faksi Palestina tidak akan menerima untuk menjadi bagian dari kebijakan ini dengan melanjutkan perundingan [gencatan senjata] mengingat agresi, pengepungan, kelaparan, dan genosida terhadap rakyat kami," demikian pernyataan Hamas.

"Hari ini, kami menginformasikan kepada para mediator tentang posisi kami yang jelas bahwa jika penjajah Israel menghentikan perang dan agresinya terhadap rakyat kami di Gaza, kami siap untuk mencapai kesepakatan lengkap yang mencakup kesepakatan pertukaran yang komprehensif," tambahnya.

Ada beberapa poin penting dalam negosiasi sebelumnya. Hamas berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak akan menerima kesepakatan yang tidak menjamin gencatan senjata permanen, penarikan pasukan Israel sepenuhnya dari Gaza, dan kembalinya keluarga-keluarga yang mengungsi tanpa hambatan ke rumah-rumah mereka.

Israel telah menolak tuntutan Hamas sebelumnya sebagai tuntutan yang tidak dapat diterima, dan mengatakan bahwa mereka bertekad untuk menggulingkan kelompok tersebut di Gaza. Israel mengklaim bahwa serangannya ke Rafah difokuskan untuk menyelamatkan para sandera dan membasmi para pejuang Hamas di kota itu.

Baca Juga: Serangan Fajar Pasukan Israel di Rafah Menewaskan Sedikitnya 12 Warga Palestina

Lebih dari 240 orang ditawan pada tanggal 7 Oktober ketika para pejuang Hamas melancarkan serangan ke Israel selatan dan menewaskan sedikitnya 1.139 orang, menurut penghitungan Al Jazeera berdasarkan statistik Israel.

Israel kemudian melancarkan serangan ke Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 36.000 warga Palestina, menurut pejabat kesehatan. Konflik ini telah membuat sebagian besar wilayah Palestina menjadi puing-puing dan membuat sebagian besar penduduknya mengungsi.

Perundingan putaran pertama antara Israel dan Hamas pada bulan November lalu menghasilkan pembebasan sekitar 100 tawanan sebagai imbalan atas warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel. Namun sejak saat itu, perundingan terhenti.




TERBARU

[X]
×