kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,67   -2,73   -0.32%
  • EMAS1.368.000 0,59%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Serangan Fajar Pasukan Israel di Rafah Menewaskan Sedikitnya 12 Warga Palestina


Jumat, 31 Mei 2024 / 14:31 WIB
Serangan Fajar Pasukan Israel di Rafah Menewaskan Sedikitnya 12 Warga Palestina
ILUSTRASI. Pasukan Israel menewaskan sedikitnya 12 warga Palestina dalam serangan udara fajar di Rafah, Gaza selatan. REUTERS/Mohammed Salem


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. Pasukan Israel menewaskan sedikitnya 12 warga Palestina dalam serangan udara fajar di Rafah, Gaza selatan, Kamis (30/5) dan pertempuran berkecamuk di beberapa daerah lain di daerah kantung pantai itu, kata petugas medis Gaza.

Israel melanjutkan serangannya ke Rafah sehari setelah mengatakan pasukannya telah menguasai zona penyangga di sepanjang perbatasan terdekat antara Jalur Gaza dan Mesir, yang memberikan otoritas efektif atas seluruh perbatasan darat Gaza.

Dikatakan bahwa perebutan zona penyangga itu telah memutus rute yang digunakan oleh kelompok militan Islam Palestina Hamas untuk menyelundupkan senjata ke Gaza selama lebih dari tujuh bulan perang, yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah itu dan menimbulkan kekhawatiran akan kelaparan.

Sumber-sumber medis Gaza mengatakan bahwa 12 orang Palestina, yang dikatakan sebagai warga sipil, telah terbunuh dan sejumlah orang lainnya terluka dalam sebuah serangan udara Israel ketika mereka mencoba untuk menemukan mayat seorang warga sipil di pusat kota Rafah.

Baca Juga: Sederet Seleb Dunia Turut Unggah All Eyes on Rafah

Seorang warga sipil Palestina lainnya tewas dalam serangan udara di kamp pengungsi Al-Shati, sebelah barat Kota Gaza, di bagian utara daerah kantong yang padat penduduknya itu, kata petugas medis.

Israel melaporkan bentrokan di Gaza selatan, tengah dan utara, namun tidak segera mengomentari kematian yang dilaporkan di Rafah, tempat ratusan ribu warga Palestina yang terlantar mengungsi di awal perang.

Layanan komunikasi terputus di Rafah, kata perusahaan telekomunikasi Palestina, Jawa, dalam sebuah pernyataan.

Israel terus melakukan serangan di Rafah meskipun ada perintah dari Mahkamah Internasional, pengadilan tertinggi PBB, untuk menghentikan serangan.

Israel mengatakan bahwa pasukannya telah menewaskan 300 orang bersenjata Palestina di kota tersebut sejak 6 Mei, ketika mereka meluncurkan apa yang mereka sebut sebagai upaya untuk membasmi para pejuang Hamas dan menyelamatkan para sandera. ICJ juga menyerukan pembebasan para sandera yang ditahan di Gaza oleh Hamas.

Baca Juga: Erdogan: Negara Barat Terlibat dalam Kekejaman Israel di Gaza

Lebih dari 36.000 warga Palestina telah terbunuh dalam perang udara dan darat Israel di seluruh Gaza, dengan 53 di antaranya terbunuh dalam 24 jam terakhir, kata kementerian kesehatan daerah kantong yang dikuasai Hamas itu.

Israel melancarkan serangannya setelah para pejuang Hamas menyeberang dari Gaza ke Israel selatan pada 7 Oktober tahun lalu, menewaskan 1.200 orang dan menculik lebih dari 250 orang, menurut perhitungan Israel.

Militer Israel mengatakan seorang tentaranya telah tewas dalam pertempuran di Gaza utara, yang menambah jumlah korban tewas Israel sejak serangan darat pertamanya ke Gaza pada 20 Oktober.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×