kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini dalam sejarah: Reaktor nuklir Fukushima meledak pasca gempa dan tsunami


Kamis, 11 Maret 2021 / 11:51 WIB
Hari ini dalam sejarah: Reaktor nuklir Fukushima meledak pasca gempa dan tsunami
ILUSTRASI. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi di Fukushima terlihat pada citra satelit ini, diambil dan dirilis oleh DigitalGlobe 18 Maret 2011. REUTERS/DigitalGlobe/Handout.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - FUKUSHIMA. Bulan Maret tahun 2011 jadi bulan yang berat bagi Jepang. Pada tanggal 11 Maret 2011, gempa terbesar yang pernah tercatat di Jepang mengguncang wilayah Tohoku, timur laut pulau Honshu.

Belum cukup sampai di situ, gempa berkekuatan 9 SR juga membuat kerusakan yang cukup parah pada PLTN Fukushima Daiichi. Dalam waktu beberapa hari, tiga reaktor nuklir utama meledak.

Ledakan nuklir Fukushima dianggap sebagai bencana nuklir terburuk kedua dalam sejarah. Bencana ini memaksa hingga 154.000 orang untuk dievakuasi.

Baca Juga: Sukses di kapal perang, Rusia uji coba rudal hipersonik Tsirkon dari kapal selam

Dikutip dari History.com, selama keadaan darurat berlangsung masing-masing dari tiga reaktor nuklir yang beroperasi di PLTN Fukushima berhasil ditutup, tetapi daya cadangan dan sistem pendingin gagal. Akibatnya, panas yang tersisa membuat batang bahan bakar di ketiga reaktor nuklir mulai meleleh. 

Di tengah kekacauan pasca gempa bumi dan tsunami yang juga melanda, Reaktor 1 dan 3 meledak. Masing-masing pada 12 dan 14 Maret. Pemerintah kemudian mengevakuasi semua orang dalam radius 20 km.

Ledakan berikutnya terjadi di Reaktor 2 pada 15 Maret dan disebut melepaskan lebih banyak radiasi. Petugas keamanan menggunakan helikopter, meriam air, dan pompa air laut untuk mendinginkan reaktor yang terlalu panas.

Dampak dari ledakan reaktor nuklir Fukushima masih terus dirasakan hingga beberapa bulan setelahnya. Pemerintah Jepang saat itu akhirnya mengevakuasi semua penduduk dalam radius 30 km dari pusat PLTN.

Baca Juga: Terobosan besar, China dan Rusia akan membangun stasiun penelitian ilmiah di bulan




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×