Sumber: BBC | Editor: Sanny Cicilia
BEIJING. Hari jomblo 2015 yang jatuh pada hari ini (11/11), benar-benar membawa berkah pada Alibaba. Perusahaan e-commerce raksasa asal China ini memecahkan rekor penjualan Single's Day tahun lalu hanya dengan setengah tenaga.
Adalah Single's Day yang disebut untuk menghibur kaum jomblo, sejatinya merupakan pesta belanja online. Tahun lalu, Alibaba meraup transaksi penjualan US$ 9,3 miliar atau Rp 125 triliun hanya dalam satu hari.
Hari ini, Alibaba sukses mencapai nilai transaksi tersebut hanya dalam setengah hari alias 12 jam.
Alibaba mengatakan, dalam waktu 8 menit, sudah terjadi transaksi US$ 1 miliar. Dalam satu jam, penjualan mencapai US$ 3,9 miliar.
Banyak warga China khusus berbelanja pada Single's Day untuk memanfaatkan pesta diskon di pasar online.
Sebagai perbandingan penjualan online di pesta belanja online dunia, Cyber Monday di Amerika Serikat hanya mencapai US$ 1,35 miliar dalam satu hari.