kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harus Rubel, Rusia: Kami Tak Akan Pasok Gas ke Eropa Secara Gratis


Selasa, 29 Maret 2022 / 11:00 WIB
Harus Rubel, Rusia: Kami Tak Akan Pasok Gas ke Eropa Secara Gratis


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Kisruh antara Rusia dan Barat mengenai pembayaran gas dalam rubel kian menjadi-jadi. 

Rusia mengatakan pada hari Senin (28/3/2022), bahwa pihaknya tidak akan memasok gas ke Eropa secara gratis karena sedang menyusun metode untuk menerima pembayaran untuk ekspor gasnya dalam rubel. Akan tetapi, negara-negara G7 menolak permintaan tersebut.

Mengutip Reuters, pada pertemuan para pemimpin Uni Eropa pada hari Jumat, tidak ada kesepakatan yang muncul terkait permintaan Rusia pada pekan lalu bahwa negara-negara "tidak bersahabat" harus membayar dalam rubel, bukan euro, untuk gasnya.

Kebijakan ini akan diterapkan setelah Amerika Serikat dan sekutu Eropa bekerja sama dalam serangkaian sanksi yang ditujukan kepada Rusia.

Kekhawatiran atas keamanan pasokan meningkat setelah permintaan, dengan perusahaan dan negara-negara UE berupaya untuk menaksir konsekuensinya.

Baca Juga: Konflik Kian Panas, Harga Gas Alam Cetak Rekor Tertinggi

Bank sentral Rusia, pemerintah dan Gazprom, yang menyumbang 40% dari impor gas Eropa, harus mempresentasikan proposal mereka untuk pembayaran gas rubel kepada Presiden Vladimir Putin pada 31 Maret.

"Kami tidak akan memasok gas secara gratis, ini jelas," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov melalui panggilan konferensi. "Dalam situasi kami, ini hampir tidak mungkin dan tepat untuk terlibat dalam amal (dengan pelanggan Eropa)."

Rusia akan mengambil keputusan pada waktunya jika negara-negara Eropa menolak untuk membayar dalam mata uang Rusia, tambahnya.

Sementara itu, menteri energi dari negara-negara industri Kelompok Tujuh menolak tuntutan pembayaran rubel. Hal itu diungkapkan oleh menteri ekonomi dan perlindungan iklim Jerman Robert Habeck setelah mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekannya.

Baca Juga: Rusia Menyiapkan Skema Pembayaran Gas Dalam Rubel dan Langkah Jika Uni Eropa Menolak

"Semua menteri G7 telah sepakat bahwa ini adalah pelanggaran sepihak dan jelas dari kontrak yang ada," katanya kepada wartawan setelah konferensi virtual dengan para menteri energi G7.

Dia menambahkan, "Para menteri sekali lagi menggarisbawahi bahwa kontrak yang dibuat adalah sah dan perusahaan harus menghormatinya... pembayaran dalam rubel tidak dapat diterima, dan kami meminta perusahaan terkait untuk tidak memenuhi permintaan Putin," katanya.

Data operator menunjukkan, Pengiriman gas Rusia ke Eropa pada tiga rute pipa utama stabil pada hari Senin, dengan pipa Yamal-Eropa terus mengalir ke arah timur dari Jerman ke Polandia.

Gazprom Rusia mengatakan bahwa pihaknya terus memasok gas alam ke Eropa melalui Ukraina sejalan dengan permintaan dari konsumen Eropa.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×