kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Honda dan LG Energy Solution Bakal Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di AS


Kamis, 01 September 2022 / 18:36 WIB
Honda dan LG Energy Solution Bakal Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di AS
ILUSTRASI. Honda dan LG Energy Solution Bakal Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Amerika Serikat. REUTERS/Pierre Albouy/File Photo


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Honda Motor Co., Ltd dan LG Energy Solution meresmikan kerja sama produksi baterai kendaraan listrik Honda dan Acura untuk pasar di wilayah Amerika Utara. Perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak senilai US$ 4,4 juta tersebut akan diwujudkan melalui pendirian pabrik baru di Amerika Serikat dengan kapasitas target produksi per tahunnya mencapai 40 GWh.

Pabrik baru ini nantinya akan memproduksi jenis baterai pouch-type yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara seiring dengan semakin meningkatnya tren kendaraan berbasis elektrik di kawasan tersebut. Pabrik tersebut akan mulai dibangun pada awal tahun 2023 mendatang dengan target produksi massal advanced lithium-ion battery cells pada akhir tahun 2025.

Youngsoo Kwon, CEO LG Energy Solution mengatakan, peresmian kerja sama dengan Honda selain dapat meningkatkan reputasi brand LG, hal ini juga dapat menjadi tonggak kerjasama jangka panjang LG untuk mendukung tren elektrifikasi yang berkembang secara pesat di kawasan Amerika Utara.

Baca Juga: Investasi di AS dan Jepang, Toyota Bangun Pabrik Baterai Baru

"Karena tujuan utama kami adalah untuk mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat pelanggan kami yang berharga, kami juga bercita-cita untuk memposisikan diri kami sebagai penyedia baterai terkemuka dan kami bekerja dengan Honda dalam mencapai inisiatif untuk elektrifikasi, serta menyediakan solusi energi berkelanjutan untuk konsumen,” ungkap dia dalam siaran pers di situs Honda Indonesia, Kamis (1/9).

Toshihiro Mibe, President, CEO and Representative Director of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, Honda terus berupaya untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan juga aktivitas perusahaannya pada tahun 2050 sesuai dengan visi perusahaan tersebut.

Baca Juga: Honda Motor Co., Ltd. (China) Investment Co., Ltd. Umumkan Rencana Peluncuran Produk

"Selaras dengan komitmen kami ini, Honda berkomitmen untuk mewujudkan pengadaan baterai EV yang merupakan komponen penting untuk kendaraan EV. Inisiatif dengan LGES sebagai produsen baterai global terkemuka akan menjadi bagian dari pendekatan Honda tersebut di wilayah Amerika Utara," jelas dia.

Sebagai tambahan, Honda juga telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada tahun 2030 dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahun. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada tahun 2050.




TERBARU

[X]
×