Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. IKEA meluncurkan aplikasi baru yang memungkinkan pelanggan berbelanja dari jarak jauh untuk produk yang dapat mereka visualisasikan dalam konteks rumah mereka sendiri. Dengan aplikasi ini maka akan memangkas waktu dari pelanggan untuk bepergian ke jaringan toko swalayan di luar kota.
Pengecer furnitur terbesar di dunia ini mengubah model bisnisnya dari mendorong pelanggan melalui toko-toko di pinggiran kota untuk membuat belanja online lebih mudah. "Ini adalah pengalaman yang sama sekali baru," kata Barbara Martin Coppola, chief digital officer IKEA, kepada Reuters dalam sebuah wawancara.
Aplikasi ini akan diluncurkan pertama kali di Perancis dan Belanda serta delapan pasar teratas IKEA termasuk Jerman, Amerika Serikat dan China pada akhir tahun.
Ini akan memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan bagaimana rumah mereka dapat dilengkapi dengan produk-produk IKEA dengan memasukkan dimensi ruangan dan memilih dari berbagai selera dan tahapan kehidupan. Mereka kemudian dapat memesan produk-produk tersebut melalui aplikasi.
IKEA awalnya meluncurkan aplikasi augmented reality pada tahun 2017 yang memungkinkan pelanggan untuk melihat bagaimana lebih dari 2.000 barang masuk ke rumah mereka, tetapi mereka tidak bisa berbelanja dari aplikasi tersebut.