kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ikuti Langkah The Fed, Otoritas Moneter Hong Kong Naikkan Suku Bunga Acuan


Kamis, 17 Maret 2022 / 13:07 WIB
Ikuti Langkah The Fed, Otoritas Moneter Hong Kong Naikkan Suku Bunga Acuan
ILUSTRASI. Otoritas Moneter Hong Kong, HKMA menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Otoritas Moneter Hong Kong, HKMA menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin. Hal tersebut mengikuti langkah Federal Reserve AS yang melakukan hal sama karena ingin menjaga stabilitas sistem keuangan di tengah meningkatnya volatilitas pasar.

Mengutip Bloomberg Kamis, (17/3), suku bunga dasar meningkat menjadi 0,75% dari 0,5%. Tingkat tersebut bergerak sejalan dengan tingkat Fed karena dolar Hong Kong dipatok ke mata uang AS.

Menanggapi peningkatan tersebut, HSBC Holdings Plc mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengubah suku bunga pinjaman terbaiknya, memberikan ruang bagi perekonomian untuk bernafas karena terhambat oleh wabah virus terburuk yang pernah ada, yang telah mendorong pemerintah untuk memperketat pembatasan. 

HKMA juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pengalaman masa lalu menunjukkan bahwa suku bunga antar bank dolar Hong Kong belum tentu naik seiring dengan pergerakan AS.

Baca Juga: 5 Negara dengan Kematian Tertinggi Akibat Covid-19 di Dunia, Ada Indonesia

Sementara itu, para ekonom terus menurunkan perkiraan pertumbuhan mereka untuk Hong Kong untuk tahun ini karena pandemi mengambil korban. Indikator ekonomi seperti penjualan ritel dan indeks manajer pembelian telah merosot, rantai pasokan terganggu, dan pembukaan kembali yang sangat dinanti-nantikan dengan China daratan telah tertunda.

"HKMA akan terus memantau situasi pasar dengan cermat, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan moneter Hong Kong," kata Kepala Eksekutif Eddie Yue dalam pernyataannya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Sekretaris Keuangan Paul Chan telah berulang kali meyakinkan investor bahwa kota berada dalam posisi yang baik untuk mengelola kenaikan suku bunga. 

Bank-bank Hong Kong tetap memiliki permodalan yang baik dengan posisi likuiditas yang kuat, menambahkan perubahan arus modal tidak akan menyebabkan kenaikan suku bunga antar bank. 




TERBARU

[X]
×