kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ilmuwan Nuklir: Situasi di Semenanjung Korea Lebih Berbahaya Sejak Juni 1950


Senin, 29 Januari 2024 / 09:54 WIB
Ilmuwan Nuklir: Situasi di Semenanjung Korea Lebih Berbahaya Sejak Juni 1950
ILUSTRASI. Sejumlah aksi Kim Jong-Un Memicu kekhawatiran akan pecahnya perang. KCNA melalui REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Selama lebih dari 20 tahun, Gerbang Reunifikasi membentang di jalan raya dari Pyongyang hingga perbatasan dengan Korea Selatan. Gerbang ini dijaga ketat sebagai simbol harapan bahwa kedua negara yang terkoyak oleh perang suatu hari nanti akan bersatu kembali.

Namun minggu ini, rencana tersebut hancur berantakan, bersamaan dengan tujuan yang telah dicapai oleh tiga generasi dinasti keluarga Kim untuk mendamaikan Korea Utara dengan Korea Selatan di semenanjung Korea, yang berada di bawah kendali Pyongyang.

Melansir Reuters yang mengutip NK News, pada Selasa (23/1/2024), citra satelit Pyongyang menunjukkan bahwa monumen tersebut, sebuah lengkungan yang melambangkan harapan untuk reunifikasi Korea yang selesai setelah pertemuan puncak antar-Korea pada tahun 2000, sudah tidak ada lagi. Informasi saja, NK News merupakan sebuah media online yang memantau Korea Utara. 

Reuters tidak dapat memastikan secara independen bahwa monumen tersebut, yang secara informal dikenal sebagai Gapura Reunifikasi, telah dibongkar.

Kim menyebut monumen itu "merusak pemandangan" dalam pidatonya di Majelis Rakyat Tertinggi pada 15 Januari, di mana ia memerintahkan amandemen konstitusi untuk mengatakan Korea Selatan adalah musuh utama yang tidak pernah berubah.

Baca Juga: Memanas, Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Jelajah di Lepas Pantai Timur

Lebih banyak rudal jelajah diluncurkan

Mengutip The Telegraph, beberapa waktu belakangan, Kim kerap mengeluarkan pernyataan yang bersifat penghasut perang disertai dengan uji coba rudal balistik berkemampuan nuklir dan dugaan sistem senjata nuklir bawah air. 

Hal ini menyusul pengungkapan intelijen AS bahwa Rusia telah menembakkan rudal balistik yang dipasok Korea Utara ke Ukraina.

Pada hari Minggu, Korea Utara menembakkan beberapa rudal jelajah di lepas pantai timurnya, yang merupakan peluncuran kedua dalam waktu kurang dari seminggu.

Para pakar Korea Utara yang berpengalaman memperingatkan bahwa Kim tidak hanya sedang mengalami kekesalan, namun juga telah mengisyaratkan adanya perubahan ideologi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dapat membawa negaranya ke jalur berbahaya menuju konflik yang tidak disengaja.

Beberapa bahkan percaya dia sengaja memilih untuk memulainya.

“Situasi di Semenanjung Korea lebih berbahaya dibandingkan sebelumnya sejak awal Juni 1950,” tulis Robert L Carlin, mantan analis CIA, dan Siegfried S Hecker, ilmuwan nuklir yang sering mengunjungi Korea Utara.

Mereka merujuk pada waktu dimulainya Perang Korea yang menghancurkan dan memecah belah Semenanjung Korea.

Baca Juga: Hubungan Dagang Korea Utara-China Makin Erat

“Kami yakin, seperti kakeknya pada tahun 1950, Kim Jong-Un telah mengambil keputusan strategis untuk berperang. Kita tidak tahu kapan atau bagaimana Kim berencana melakukan aksinya, namun bahayanya sudah jauh melebihi peringatan rutin di Washington, Seoul dan Tokyo mengenai ‘provokasi’ Pyongyang,” kata mereka.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×