kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Indeks FTSE Russel lakukan rekonstruksi tahunan


Jumat, 22 Juni 2018 / 15:32 WIB

Indeks FTSE Russel lakukan rekonstruksi tahunan
ILUSTRASI. Bursa Efek Tertua di Dunia - London Stock Exchange (LSX)

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks FTSE Russell akan merampungkan rekonstruksi atau penyegaran tahunan pada Jumat (22/6). Setelah penyegaran itu, saham sektor teknologi dan kesehatan diperkirakan akan bertambah dalam indeks.

Mengutip Reuters, Jumat (22/6), rekonstruksi indeks Russell terjadi setiap tahun pada hari Jumat keempat bulan Juni. Saham-saham ditambahkan atau dihapus dalam Russell 1000 large cap dan Russell 2000 small cap.


Hal ini mendorong manajer investasi untuk menyesuaikan portofolionya sehingga mencerminkan bobot yang baru.

Produk investasi yang pasif diperkirakan akan menyeimbangkan kembali pada hari rekonstruksi FTSE Russel, untuk meminimalkan kesalahan. Sedangkan, produk yang aktif diperkirakan akan mencoba mengambil keuntungan dari setiap dislokasi harga, menghasilkan lonjakan volume menjelang penutupan pasar.

"Penyeimbangan mempengaruhi ruang indeks, reksadana, ETF, dan setiap manajer investasi aktif yang menggunakan indeks Russell sebagai patokan akan berusaha melakukan diferensiasi," kata Todd Rosenbluth, Direktur Riset ETF dan Reksadana CFRA, dilansir dari Reuters, Jumat (22/6).

Per 31 Desember 2017, ada sekitar US$ 9 triliun dana yang menggunakan FTSE Russel sebagai benchmark atau masuk ke produk yang berbasis indeks FTSE Russel. Dari jumlah tersebut, sekitar US$ 1,2 miliar berada dalam produk investasi yang pasif, seperti ETF dan reksadana.

 


Reporter: Agung Jatmiko
Editor: Dupla Kartini

Video Pilihan


Close [X]
×