kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Infeksi Meningkat, Xi Jinping Ingatkan Pemimpin Hong Kong untuk Kendalikan Covid-19


Rabu, 16 Februari 2022 / 20:37 WIB
Infeksi Meningkat, Xi Jinping Ingatkan Pemimpin Hong Kong untuk Kendalikan Covid-19
ILUSTRASI. Warga memakai masker mengantre di pusat pengujian asam nukleat untuk penyakit virus corona (COVID-19) di distrik Sha Tin, Hong Kong. REUTERS/Lam Yik


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Presiden China Xi Jinping mengingatkan para pemimpin Hong Kong bahwa misi utama mereka adalah untuk menstabilkan dan mengendalikan wabah Covid-19 yang memburuk, ketika pasien yang terinfeksi menumpuk dan rumah sakit kewalahan.

Mengutip Reuters, Rabu (16/2), penghitungan harian infeksi COVID di Hong Kong naik menjadi lebih dari 40 kali lipat pada awal Februari ketika otoritas kesehatan melaporkan rekor 4.285 infeksi baru yang dikonfirmasi pada hari Rabu, dan 7.000 kasus positif awal lainnya.

Arahan dari Xi meningkatkan tekanan pada Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam sehari setelah dia mengatakan tanggapan pemerintahnya terhadap wabah itu tidak memuaskan, dengan rumah sakit dan staf medis tidak mampu mengatasinya.

Xi menginstruksikan Wakil Perdana Menteri China Han Zheng untuk menyampaikan kepada Lam "keprihatinannya tentang situasi pandemi" dan kepeduliannya terhadap penduduk setempat, menurut berita halaman depan di surat kabar Wen Wei Po dan Ta Kung Pao.

Xi mengatakan pemerintah "harus memobilisasi semua kekuatan dan sumber daya untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan rakyat Hong Kong dan memastikan stabilitas masyarakat," menurut surat kabar.

Baca Juga: Warga Hong Kong Semakin Sengsara, Ada Pembatasan Sosial dan Kekurangan Sayuran

Kedua surat kabar, yang biasanya mendukung kepentingan Beijing di Hong Kong, mengatakan Xi membuat pernyataan baru-baru ini tetapi tidak merinci di mana dia berbicara.

Otoritas lokal harus "dengan tegas menerapkan instruksi Xi," kata surat kabar itu, menambahkan bahwa Beijing telah membentuk mekanisme kerja sama untuk memastikan koordinasi.

Lam, yang belum mengkonfirmasi apakah dia akan mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan lima tahun sebagai kepala kota yang dikuasai China itu, mengatakan dia "tidak dapat menghalangi" kemungkinan menunda pemilihan kepala eksekutif bulan depan.

Belum ada pesaing kelas berat yang menyatakan pencalonan mereka, situasi yang tidak biasa hanya lima minggu sebelum pemilihan.

Lam menyatakan terima kasih kepada Xi dalam sebuah pernyataan pemerintah pada hari Rabu yang menggemakan kata-kata presiden China.

Pemerintah mengatakan "harus mengikuti instruksi penting dari Presiden Xi Jinping, mengambil tanggung jawab utama dan menstabilkan situasi epidemi sebagai tugas utama yang ada."

Hong Kong telah mengadopsi strategi virus corona 'nol dinamis' yang sama, yang digunakan oleh China daratan untuk menekan semua wabah.

Tetapi kecepatan penyebaran varian virus Omicron yang sangat menular telah membuat pihak berwenang bingung, dengan Lam mengatakan mereka tidak dapat lagi mengikuti mandat pengujian dan isolasi.




TERBARU

[X]
×