kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Ingat penipu ulung Bernard Madoff? Dia tengah sekarat karena penyakit ini


Kamis, 06 Februari 2020 / 09:01 WIB
Ingat penipu ulung Bernard Madoff? Dia tengah sekarat karena penyakit ini
ILUSTRASI. Foto Bernard L Madoff. Sumber foto : haaretz.com

Sumber: The Star | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ingat penipu ulung dengan trik skema ponzi, Bernard Madoff? Kondisinya sekarang sangat memprihatinkan.  

Melansir The Star, Bernard Madoff saat ini tengah sekarat karena gagal ginjal dan memiliki hidup kurang dari 18 bulan. Dia berusaha untuk mengakhiri hukuman penjara 150 tahun atas tuduhan mendalangi apa yang oleh jaksa penuntut telah disebut skema Ponzi terbesar yang pernah ada.

Dalam pengajuan pengadilan pada hari Rabu, pengacara Madoff mengatakan pria berusia 81 tahun itu terkurung di kursi roda, sering membutuhkan oksigen, dan menderita penyakit kardiovaskular, hipertensi, insomnia, dan kondisi medis kronis dan serius lainnya.

Baca Juga: Bukan Yang Pertama, Ini Sederet Tuduhan Manipulasi Keuangan di General Electric

Madoff, yang telah menjalani 10,5 tahun masa hukumannya, mungkin merupakan tahanan federal paling terkemuka yang mencari "pembebasan penuh kasih" di bawah First Step Act. Ini merupakan undang-undang bipartisan yang ditandatangani oleh Presiden AS Donald Trump pada tahun 2018 yang memungkinkan beberapa tahanan yang sudah tua untuk mengakhiri masa tahanannya lebih cepat, seringkali karena alasan kesehatan.

Dia sebelumnya meminta Trump untuk mengubah hukumannya, tetapi Trump belum bertindak.

Seorang juru bicara untuk Jaksa Agung AS Geoffrey Berman di Manhattan, yang menuntut Madoff, mengatakan bahwa kantor kejaksaan akan menanggapi pengajuan tersebut.

Baca Juga: 5 Investasi bodong paling fenomenal di dunia

Permintaan Madoff akan dipertimbangkan oleh Hakim Sirkuit Denny Chin, yang menyebut kejahatannya "sangat jahat" ketika dia menjatuhkan hukuman 150 tahun pada Juni 2009, tiga bulan setelah Madoff mengaku bersalah atas 11 tuntutan pidana.

Jaksa mengatakan, Madoff menggunakan perusahaannya Bernard L. Madoff Investment Securities LLC untuk menipu ribuan orang, badan amal, dana pensiun, dan dana lindung nilai dalam penipuan senilai US$ 64,8 miliar.

Banyak korban datang dari komunitas Yahudi, tempat Madoff menjadi dermawan utama.

Baca Juga: Belajar dari kasus investasi Madoff

Madoff telah tinggal di penjara federal di Butner, North Carolina, dan baru-baru ini pindah ke fasilitas medis di sana.

Pengacaranya, Brandon Sample, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa tahanan lain merujuk Madoff kepadanya, dan bahwa ia mengunjungi Madoff di Butner musim panas lalu.



TERBARU

[X]
×