kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inggris akan menyumbang lebih banyak dosis vaksin Covid-19 ke negara berkembang


Sabtu, 30 Oktober 2021 / 14:18 WIB
Inggris akan menyumbang lebih banyak dosis vaksin Covid-19 ke negara berkembang
ILUSTRASI. Pekerja cargo membawa Envirotainer berisi vaksin jadi COVID-19 AstraZeneca hibah dari Pemerintah Inggris. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - ROMA. Inggris akan mengirimkan 20 juta dosis vaksin Covid-19 ke negara-negara berkembang pada akhir tahun ini. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan langkah ini merupakan langkah yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Mengutip Reuters Sabtu (30/10), para pemimpin dari 20 negara terkaya di dunia atau negara G20 berkumpul di Roma pada pertemuan yang diharapkan Johnson akan membuat kemajuan dalam menghasilkan komitmen kuat untuk mengurangi emisi sebelum pembicaraan iklim di Glasgow pada KTT COP26 PBB.

Tetapi dia juga perlu mendapat dukungan dari negara-negara berkembang, beberapa di antaranya sudah mengalami dampak buruk dari pemanasan global dan telah berjuang untuk memvaksinasi populasi mereka terhadap Covid-19 ketika negara-negara Barat berlomba di depan.

Pada pertemuan para pemimpin tujuh ekonomi maju terbesar awal tahun ini, Inggris menjanjikan setidaknya 100 juta dosis vaksin sebagai bagian dari tujuan G7 untuk menawarkan 1 miliar dosis, sebuah skema yang menurut para kritikus terlalu lambat dan tidak ambisius.

Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah mengirimkan 10 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca ke fasilitas berbagi vaksin COVAX, dengan 10 juta lagi akan dikirimkan dalam beberapa minggu mendatang, sehingga total menjadi 30,6 juta pada tahun 2021.

Baca Juga: UK's Johnson warns on climate, recalls fall of Roman Empire ahead of G20 summit

Pada tahun 2022, Inggris akan menyumbangkan setidaknya 20 juta lebih dosis Oxford-AstraZeneca dan juga menyumbangkan semua 20 juta dosis vaksin Janssen yang dipesan oleh pemerintah ke fasilitas COVAX, yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan aliansi vaksin GAVI.

"Seperti raksasa yang terbangun, ekonomi dunia bergerak kembali. Tetapi laju pemulihan akan tergantung pada seberapa cepat kita dapat mengatasi Covid," kata Johnson memberi tahu para pemimpin G20, menurut kantornya di Downing Street.

"Prioritas pertama kami sebagai G20 harus terus maju dengan distribusi vaksin yang cepat, merata, dan global."

Vaksinasi massal terhadap virus corona dipandang penting untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi, perdagangan dan perjalanan, tetapi negara-negara Barat berlomba di depan negara-negara berkembang, banyak di antaranya memiliki tingkat inokulasi terendah dan kasus yang meningkat.

Seratus mantan pemimpin dan menteri pemerintah dari seluruh dunia telah meminta Perdana Menteri Italia Mario Draghi, yang menjadi tuan rumah pertemuan G20, untuk mengatasi apa yang mereka katakan sebagai distribusi vaksin yang tidak adil.

Mereka mengatakan Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris dan Kanada akan menimbun 240 juta vaksin yang tidak digunakan pada akhir bulan, yang dapat segera diangkut oleh militer negara-negara ini ke negara-negara yang lebih membutuhkan.

Pada akhir Februari, total 1,1 miliar vaksin surplus dapat ditransfer, katanya.

Selanjutnya: FDA Amerika Serikat mengizinkan vaksinasi Covid-19 pertama untuk anak usia 5-11 tahun




TERBARU

[X]
×