kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.924.000   -8.000   -0,41%
  • USD/IDR 16.209   -85,00   -0,52%
  • IDX 6.854   21,56   0,32%
  • KOMPAS100 993   4,66   0,47%
  • LQ45 764   3,29   0,43%
  • ISSI 223   0,57   0,26%
  • IDX30 393   1,31   0,33%
  • IDXHIDIV20 458   1,64   0,36%
  • IDX80 112   0,58   0,52%
  • IDXV30 113   0,18   0,16%
  • IDXQ30 127   0,48   0,38%

Ingin ekspansi ke luar, Asahi akuisisi merek bir


Rabu, 13 Januari 2016 / 12:27 WIB
Ingin ekspansi ke luar, Asahi akuisisi merek bir


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Hendra Gunawan

TOKYO. Perusahaan asal Jepang, Asahi Group Holdings mempertimbangkan untuk mengakuisisi Grolsch dan Peroni, dua merek bir yang dimiliki oleh SABMiller Plc. Sumber Reuters tidak menyebutkan nilai akuisisi itu. Tapi Harian Yomiuri, Sabtu (8/1), menyebut kesepakatan itu bernilai ¥ 400 miliar atau setara US$ 3,4 miliar.

Asahi saat ini menjadi produsen bir terbesar di Jepang dengan pangsa pasar 38%. Meski begitu, produksi bir milik Asahi tidak dijual di luar negeri. Nah dengan akuisisi diharapkan penjualan Asahi tidak hanya bertumpu di Jepang tapi juga dari luar negeri.

"Kedua merek memiliki porsi cukup besar di pasar negara maju dan risiko kecil untuk menghasilkan kinerja yang buruk," kata analis Nomura Securities, Satoshi Fujiwara.

Jika menggunakan saluran distribusi dua merek tersebut, distribusi Super Dry, merek bir milik Asahi akan lebih baik. Fujiwara menilai, tanpa ada akuisisi maka pertumbuhan laba Asahi hanya 2%-3%.




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×