kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini untung dan rugi Joe Biden kuasai senat


Kamis, 07 Januari 2021 / 13:52 WIB
Ini untung dan rugi Joe Biden kuasai senat
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden. REUTERS/Jonathan Ernst


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Partai Demokrat selangkah lagi akan menjadi pengendali senat sehingga Presiden terpilih Joe Biden bisa lebih leluasa menjalankan beberapa agenda kampanye meskipun prosedur legislatif berpotensi menjegal langkahnya. 

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (7/1), kandidat senator Raphael Warnock mengalahkan lawannya dari Partai Republik Kelly Loeffler dalam pemilihan putaran kedua di negara bagian Georgia pada Selasa lalu. 

Sementara posisi Jon Ossoff dan petenis dari Republik David Perdue masih terlalu dekat. Ossoff memimpin sementara dengan lebih dari 17.000 suara dan mengklaim kemenangan. Sebuah kemenangan yang jika divalidasi membuat Senat terpecah 50-50 di antara Partai Republik dan Demokrat.

Wakil Presiden Kamala Harris dapat memberikan suara yang luar biasa, dengan memberikan satu suara mayoritas bagi Demokrat namun membuat perbedaan besar terhadap pemerintahan baru. 

Selain itu, adanya Chuck Schumer dari New York sebagai pemimpin mayoritas, menggantikan pemimpin Republik Mitch McConnell, maka Demokrat akan mengontrol jadwal Senat, memutuskan tindakan apa yang dapat dipertimbangkan untuk pemungutan suara oleh majelis secaa penuh.

Dengan begitu, penentuan kabinet Biden dan penunjukkan politik lainnya akan mendapatkan konfirmasi lebih cepat. Meski partai Republik akan memperpanjangn durasi perbedatan. 

Baca Juga: Partai Demokrat kuasai senat Amerika Serikat

"Itu berarti bahwa setiap orang yang dipilih Joe Biden untuk bergabung dengan kabinetnya kemungkinan besar memiliki waktu lebih mudah untuk mendapatkan konfirmasi di Senat," kata Senator Demokrat Delaware Chris Coons, sekutu dekat Biden, kepada CNN Rabu, (6/1).  

“Itu berarti bahwa proses konfirmasi tidak dapat berjalan lambat atau terhalang, dan bahwa dia akan dapat memiliki kelompok yang berbakat dan cakap dan berpengalaman yang telah dipilihnya untuk bertugas di awal pemerintahan.”

Hampir semua undang-undang akan membutuhkan kerja sama dari Partai Republik karena mereka membutuhkan 60 suara di Senat. Ada pengecualian sempit untuk langkah-langkah terkait fiskal yang dapat lolos dengan suara mayoritas menggunakan proses anggaran, dan Biden memiliki dua peluang tahun ini untuk menggunakan apa yang disebut proses rekonsiliasi untuk item seperti rencana stimulus ekonominya.

Di bidang lain, persyaratan 60 suara untuk menghentikan debat dan melanjutkan pemungutan suara, memerlukan dukungan republik, yang akan meredam elemen yang lebih ambisius dari agenda Biden, serta harapan terbesar di antara kaum progresif.

Sudah ada dorongan besar dari kaum progresif untuk mengakhiri persyaratan 60 suara di Senat. Upaya itu dapat dicapai dengan suara mayoritas secara sederhana, tetapi Senator Virginia Barat Joe Manchin, seorang Demokrat konservatif, mengatakan dia akan memblokir upaya itu.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan keterbatasan yang dihadapi Biden dan sesama Demokrat atas kemenangan tipis di senat:

1. Bantuan Covid-19

Kontrol demokratis membuat perbedaan besar di sini. McConnell dan republik secara konsisten menentang bantuan untuk pemerintah ke negara bagian dalam negosiasi stimulus tahun lalu, dan Demokrat sekarang akan dapat memberikan paket yang mencakup elemen itu. 

Senat menolak untuk memberikan suara pada keputusan DPR untuk meningkatkan stimulus menjadi US$ 2.000 dari US$ 600 bulan lalu, dan sekarang kemungkinan akan berlanjut juga. Bantuan pengangguran lebih lanjut dan langkah-langkah perawatan kesehatan juga sudah disiapkan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×