kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.510.000   -4.000   -0,26%
  • USD/IDR 15.565   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.789   16,39   0,21%
  • KOMPAS100 1.206   -1,84   -0,15%
  • LQ45 954   -7,01   -0,73%
  • ISSI 236   1,17   0,50%
  • IDX30 492   -2,07   -0,42%
  • IDXHIDIV20 588   -4,32   -0,73%
  • IDX80 137   -0,37   -0,27%
  • IDXV30 143   0,88   0,62%
  • IDXQ30 163   -1,25   -0,76%

Insentif US$1 Juta dari Elon Musk untuk Pemilih di Pemilu AS Memicu Kontroversi


Selasa, 22 Oktober 2024 / 14:09 WIB
Insentif US$1 Juta dari Elon Musk untuk Pemilih di Pemilu AS Memicu Kontroversi
ILUSTRASI. Legalitas insentif uang tunai yang ditawarkan oleh miliarder teknologi Elon Musk kepada pemilih di negara bagian swing telah mencuat. Tesla/Handout via REUTERS


Sumber: BBC | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertanyaan mengenai legalitas insentif uang tunai yang ditawarkan oleh miliarder teknologi Elon Musk kepada pemilih di negara bagian swing telah mencuat menjelang pemilihan umum AS pada 5 November.

Insentif ini terkait dengan petisi yang dibuat oleh kelompok kampanye Musk, America PAC, yang didirikan untuk mendukung Donald Trump dalam kontes presiden.

Tawaran Insentif

Petisi yang dibuat oleh America PAC mengajak pemilih di enam negara bagian swing—Georgia, Nevada, Arizona, Michigan, Wisconsin, dan North Carolina—untuk menandatangani "petisi yang mendukung kebebasan berbicara dan hak untuk memegang senjata."

Pemilih di Pennsylvania ditawari uang tunai hanya untuk menandatangani petisi tersebut, dengan imbalan US$47 (£36) bagi setiap orang yang mereferensikan pemilih lain yang mendaftar. Di Pennsylvania, insentif lebih tinggi sebesar US$100 ditawarkan, mengingat negara bagian ini merupakan medan pertempuran yang dianggap dapat menentukan pemenang pemilihan.

Setiap hari hingga hari pemungutan suara, America PAC akan memberikan hadiah sebesar US$1 juta secara acak kepada salah satu penandatangan di tujuh negara bagian swing tersebut. Cek raksasa pertama untuk hadiah ini telah diserahkan kepada seorang peserta di acara town hall di Pennsylvania pada 19 Oktober.

Baca Juga: Pembuat Film Blade Runner 2049 Menggugat Elon Musk Terkait Gambar Robotaxi

Legalitas Tawaran

Para ahli hukum mengemukakan kekhawatiran bahwa tawaran Musk mungkin melanggar hukum AS.

Paul Schiff Berman, profesor hukum di Universitas George Washington, menyatakan, "Saya percaya tawaran Musk kemungkinan ilegal."

Ia merujuk pada Kode AS tentang hukum pemilu yang menyatakan bahwa siapa pun yang "membayar atau menawarkan untuk membayar atau menerima pembayaran baik untuk pendaftaran pemilih atau untuk memberikan suara" menghadapi denda hingga US$10.000 atau hukuman penjara lima tahun.

Meskipun tawaran ini terbuka hanya untuk pemilih terdaftar, Berman berpendapat bahwa hal tersebut tetap melanggar ketentuan tersebut. Adav Noti dari Campaign Legal Center menegaskan bahwa skema Musk "melanggar hukum federal dan dapat dikenakan sanksi sipil atau kriminal oleh Departemen Kehakiman."

Pendapat Para Ahli

Di sisi lain, Brad Smith, mantan ketua FEC, mengatakan bahwa tawaran ini mungkin memiliki celah hukum.

Ia menyebutkan bahwa tidak ada orang yang dibayar secara langsung untuk mendaftar atau memberikan suara, dan menyatakan, "Dia tidak membayar mereka untuk mendaftar. Dia membayar mereka untuk menandatangani petisi—dan dia hanya ingin orang yang terdaftar untuk menandatangani petisi."

Namun, Michael Kang, profesor hukum pemilu di Universitas Northwestern, berpendapat bahwa konteks tawaran ini menunjukkan bahwa itu dirancang untuk mendorong orang untuk mendaftar dengan cara yang dapat dipertanyakan secara hukum.

Baca Juga: Tesla Model Y Jadi SUV Terlaris di Eropa pada September 2024

Respon dari Pihak Demokrat

Gubernur Pennsylvania, Josh Shapiro, dari Partai Demokrat, menganggap langkah ini "sangat mengkhawatirkan" dan meminta lembaga penegak hukum untuk menyelidiki. Dalam responsnya, Musk menyatakan bahwa dia merasa "khawatir" bahwa Shapiro mengeluarkan pernyataan tersebut.

Billionaire investor Mark Cuban menyebut tawaran itu sebagai "inovatif dan putus asa." Ia mengatakan, "Anda hanya melakukan itu karena Anda merasa harus melakukannya, tetapi menggunakan undian bukanlah ide yang buruk. Apakah itu akan berhasil adalah hal yang berbeda."

Sejarah Serupa

Musk telah membela inisiatifnya, berargumen bahwa Demokrat dan donor mereka telah mendanai inisiatif serupa di masa lalu. Di platform X, ia membagikan unggahan yang menyatakan bahwa CEO Meta, Mark Zuckerberg, "melakukan hal yang sama pada 2020" dengan menyumbangkan US$400 juta untuk organisasi non-partisan guna membantu logistik pemungutan suara.

Partai Demokrat juga telah berinvestasi dalam inisiatif di pemilihan sebelumnya untuk memobilisasi pendukung, tetapi dana tersebut tidak diberikan langsung kepada pemilih.

Selanjutnya: OJK Resmi Cabut Izin Usaha Investree, Begini Respons AFPI

Menarik Dibaca: Inilah Lirik Lagu Diet Pepsi Addison Rae dan Terjemahannya, Lengkap!




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

[X]
×