kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,25   -3,11   -0.33%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPO LG Energy Solution Laku Keras, Penawaran Investor Institusi Tembus US$ 80 Miliar


Selasa, 11 Januari 2022 / 15:32 WIB
IPO LG Energy Solution Laku Keras, Penawaran Investor Institusi Tembus US$ 80 Miliar
ILUSTRASI. LG Energy Solution bakal segera gelar IPO


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Rencana penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO) dari pembuat baterai Korea Selatan, LG Energy Solution (LGES), laris manis. Buktinya, dalam tahap awal, penawaran IPO LG Energy mencapai US$ 80 miliar dari investor institusi.

Mengutip Reuters, hal tersebut berdasarkan dua sumber yang mengetahui langsung tentang kesepakatan tersebut. Asal tahu saja, sebelumnya LG Energy Solution menargetkan dana sebesar US$ 10,7 miliar dari aksi korporasi ini.

Berdasarkan nilai bookbuilding tersebut, ini adalah nilai terbesar yang pernah ada di Korea Selatan. Rencananya, tahap ini akan ditutup pada Rabu (12/1) dengan harga IPO akan ditetapkan pada Jumat (14/1).

"Kami merasakan permintaan yang baik, tetapi kami tidak dapat mengkonfirmasi atau mengomentari angka spesifiknya," kata juru bicara LGES dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters.

Calon investor diberitahu pada hari Selasa bahwa tidak ada sensitivitas harga dalam pesanan, yang sudah berkali-kali kelebihan permintaan, kata sumber ketiga Reuters yang juga ikut serta dalam kesepakatan IPO LG Energy Solution.

Baca Juga: LG Energy Solution Siap untuk IPO Terbesar di Korea Selatan Hingga US$ 10,8 miliar

Dengan tawaran yang sudah mencapai US$ 80 miliar ini, berarti sudah terjadi kelebihan permintaan sekitar 13 kali dari tawaran untuk institusi. Dalam dokumen IPO, LG Energy Solution hanya diberikan porsi sebesar US$ 6 miliar untuk investor institusi.

LGES adalah anak perusahaan baterai yang dimiliki sepenuhnya oleh LG Chem Ltd dan memasok baterai kendaraan listrik (EV) ke Tesla Inc dan General Motors Co.

IPO dapat mengerek valuasi LG Energy Solution hingga 70,2 triliun won atau setara US$58,80 miliar. Ini akan menjadikan LG Energy Solution sebagai perusahaan publik terbesar ketiga di Korea Selatan setelah Samsung Electronics Co Ltd dan SK Hynix Inc.

Reuters melaporkan pada bulan Desember kemungkinan LGES akan menetapkan harga sahamnya di kisaran teratas.

Sebelumnya, harga IPO LG Energy Solution berada dikisaran 257.000 won atau setara US$ 215,27 hingga 300.000 won setara $251,29 per saham.




TERBARU

[X]
×