kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel Akui Kekalahan Terburuk di Gaza


Rabu, 24 Januari 2024 / 07:49 WIB
Israel Akui Kekalahan Terburuk di Gaza
ILUSTRASI. Pada Selasa (23/1/2024), militer Israel mengumumkan kekalahan terburuk di Gaza. REUTERS/Violeta Santos Moura 


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - GAZA. Pada Selasa (23/1/2024), militer Israel mengumumkan kekalahan terburuk di Gaza. Menurut keterangan militer Israel, 24 tentara Israel tewas ketika pasukannya mengepung kota utama Gaza selatan, menjebak warga Palestina yang mencoba melarikan diri.

Melansir Sydney Morning Herald, Israel mengatakan, tujuan perangnya melawan gerakan Hamas yang menguasai Gaza tidak berubah. Selain itu, pihaknya juga tengah berupaya keras untuk membebaskan lebih dari 100 sandera Israel.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan tembakan RPG (granat berpeluncur roket) Palestina kemungkinan besar menjadi penyebab ledakan yang meruntuhkan dua bangunan yang menewaskan sekelompok tentara Israel.

“Pasukan militan mengejutkan pasukan dengan tembakan RPG. Roket pertama menghantam salah satu bangunan tempat bahan peledak dipasang. Pukulan tersebut rupanya berujung pada ledakan yang menyebabkan runtuhnya gedung dan bangunan di sebelahnya,” kata Laksamana Muda Daniel Hagari kepada wartawan di Tel Aviv.

Juru bicara militer Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan 21 tentara tewas. Tiga tentara dilaporkan tewas dalam serangan terpisah.

“Kemarin kami mengalami salah satu hari tersulit sejak perang meletus,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. “Atas nama pahlawan kami, demi hidup kami, kami tidak akan berhenti berjuang hingga kemenangan mutlak.”

Baca Juga: Israel Ajukan Permohonan Gencatan Senjata Selama Dua Bulan Kepada Hamas

Ketika ditanya tentang laporan media bahwa kesepakatan gencatan senjata sedang dibahas, setelah Qatar mengatakan upaya mediasi sedang berlangsung, juru bicara pemerintah Israel Eylon Levy mengatakan tujuan perang tidak berubah.

“Penghancuran kemampuan pemerintahan dan militer Hamas di Jalur Gaza dan kembalinya semua sandera. Tidak akan ada gencatan senjata yang membuat para sandera di Gaza dan Hamas berkuasa,” tegasnya.

Levy menolak menjelaskan lebih lanjut mengenai upaya pembebasan para sandera, yang dibawa ke Gaza setelah amukan 7 Oktober 2023, di mana Hamas dan militan lainnya membunuh sekitar 1.200 warga Israel – yang menjadi pemicu perang tersebut. 

Rute pelarian warga sipil diblokir

Kematian tentara tersebut terjadi pada hari di mana Pasukan Pertahanan Israel melancarkan operasi terbesar mereka dalam sebulan, untuk merebut sisa wilayah Khan Younis, kota utama di selatan Gaza, yang menampung ratusan ribu pengungsi Palestina.

“Selama beberapa hari terakhir, pasukan IDF melakukan operasi besar-besaran di mana mereka mengepung Khan Younis,” kata militer, seraya menambahkan bahwa mereka telah “menghilangkan” puluhan pejuang.

Tank-tank Israel, bergerak maju ke arah barat menuju Mediterania, menutup jalan menuju pantai pada hari Selasa, menghalangi jalan keluar bagi warga sipil yang mencoba mencapai Rafah, kota terakhir di tepi selatan Gaza – yang sekarang dipenuhi oleh lebih dari setengah penduduk wilayah kantong yang berjumlah 2,3 juta orang.

Baca Juga: Militer AS dan Inggris Kembali Melancarkan Serangan ke Yaman

“Saya mencoba berangkat ke Rafah namun tank-tank tersebut sekarang sudah sangat dekat dengan pantai dan menembak ke arah barat,” Shaban, 45 tahun, seorang insinyur listrik dengan empat anak, mengatakan melalui telepon.

Setidaknya 195 warga Palestina tewas dalam waktu 24 jam, menambah jumlah korban yang terdokumentasi menjadi 25.490, menurut pejabat kesehatan Palestina. Dia juga mengatakan, ribuan orang lainnya dikhawatirkan hilang di reruntuhan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×