kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,72   -11,79   -1.28%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden Beri Warning Israel untuk Tidak Menduduki Gaza


Selasa, 17 Oktober 2023 / 07:14 WIB
Joe Biden Beri Warning Israel untuk Tidak Menduduki Gaza
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat Joe Biden memperingatkan Israel untuk tidak menduduki kembali Jalur Gaza. REUTERS/Evelyn Hockstein


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Joe Biden memperingatkan Israel dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu untuk tidak menduduki kembali Jalur Gaza. Ini menjadi upaya publik pertama Biden yang signifikan untuk menahan sekutu Amerika tersebut setelah serangan Hamas yang menewaskan lebih dari 1.400 orang, termasuk sedikitnya 29 orang Amerika. 

Mengutip New York Times, Biden telah memberikan dukungan kuat kepada Israel sejak serangan 7 Oktober dan menolak mengkritik Israel atas pengepungan balasan di Gaza, wilayah pesisir yang dikuasai Hamas. Itu terus dilakukan Biden meskipun para pejabat PBB telah memperingatkan akan adanya krisis kemanusiaan di sana.

Namun dalam wawancara terbarunya, dia memperingatkan terhadap pendudukan skala penuh di Gaza.

“Saya pikir itu adalah kesalahan besar,” kata Biden dalam acara 60 Minutes di CBS dalam percakapan yang direkam Kamis lalu dan disiarkan pada Minggu malam.

“Begini, yang terjadi di Gaza, menurut saya, adalah Hamas dan elemen ekstrim Hamas tidak mewakili seluruh rakyat Palestina. Dan saya pikir merupakan suatu kesalahan jika Israel menduduki Gaza lagi.”

Namun mengusir para ekstremis di sana, tambahnya, merupakan persyaratan yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Ini 2 Resolusi dari Rusia & Brazil untuk Israel & Gaza

Hamas harus dilenyapkan

Melansir Reuters, Biden meyakini kelompok militan Hamas harus dilenyapkan.

Biden tidak menganggap pasukan Amerika diperlukan di lapangan karena Israel memiliki salah satu “kekuatan tempur terbaik”, bahkan ketika kapal perang Amerika menuju ke wilayah tersebut di tengah meningkatnya bentrokan di perbatasan utara Israel dengan Lebanon.

Ketika ditanya apakah dia yakin Hamas harus dilenyapkan seluruhnya, Biden berkata, "Ya, saya yakin. Tapi perlu ada otoritas Palestina. Perlu ada jalan menuju negara Palestina," katanya dalam wawancara CBS 60 Minutes seperti yang dikutip Reuters.

Mengutip New York Times, pernyataan Biden muncul ketika dia mempertimbangkan apakah akan mengunjungi Israel dalam beberapa hari mendatang untuk menunjukkan solidaritas terhadap Israel yang masih belum pulih dari serangan Hamas.

Baca Juga: Warga Palestina Melarikan Diri dari Gaza Utara, Israel Bersiap untuk Menyerang




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×