kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel-Hamas Sepakat Memperpanjang Gencatan Senjata di Gaza Satu Hari


Kamis, 30 November 2023 / 19:10 WIB
Israel-Hamas Sepakat Memperpanjang Gencatan Senjata di Gaza Satu Hari
ILUSTRASI. Israel dan Hamas mencapai kesepakatan pada menit-menit terakhir pada Kamis untuk memperpanjang gencatan senjata. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - GAZA/TEL AVIV. Israel dan Hamas mencapai kesepakatan pada menit-menit terakhir pada Kamis untuk memperpanjang gencatan senjata mereka hingga hari ketujuh, dan Washington mengatakan pihaknya berharap gencatan senjata dapat diperpanjang lebih lanjut untuk membebaskan lebih banyak sandera dan membiarkan bantuan sampai ke Gaza.

Gencatan senjata tersebut telah mengizinkan sejumlah bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza setelah sebagian besar wilayah pesisir yang berpenduduk 2,3 juta orang luluh lantak akibat pemboman Israel selama tujuh minggu sebagai pembalasan terhadap Hamas pada 7 Oktober.

Israel, yang menuntut Hamas membebaskan setidaknya 10 sandera per hari untuk menjaga gencatan senjata tetap berjalan, mengatakan pihaknya menerima daftar orang-orang yang akan dibebaskan pada menit-menit terakhir pada hari Kamis, yang memungkinkan Israel membatalkan rencana untuk melanjutkan pertempuran saat fajar.

Baca Juga: Hamas Mengundang Elon Musk untuk Menyaksikan Langsung Pembantaian di Gaza

“Mengingat upaya para mediator untuk melanjutkan proses pembebasan sandera dan tunduk pada ketentuan kerangka kerja, jeda operasional akan terus berlanjut,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, yang dirilis beberapa menit sebelum gencatan senjata berakhir pada pukul 12.00 waktu setempat.

Hamas, yang membebaskan 16 sandera pada Rabu sementara Israel membebaskan 30 tahanan Palestina, juga mengatakan gencatan senjata akan berlanjut hingga hari ketujuh.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, pada kunjungan ketiganya ke Timur Tengah sejak perang dimulai, mengatakan upaya terus dilakukan untuk memperpanjang gencatan senjata.

“Kami telah melihat selama seminggu terakhir perkembangan yang sangat positif dari para sandera yang pulang ke rumah, berkumpul kembali dengan keluarga mereka. Dan hal itu harus dilanjutkan hari ini,” katanya dalam pertemuan dengan Presiden Israel Isaac Herzog.

“Hal ini juga memungkinkan peningkatan bantuan kemanusiaan untuk diberikan kepada warga sipil tak berdosa di Gaza yang sangat membutuhkannya. Jadi proses ini membuahkan hasil. Ini penting, dan kami berharap hal ini dapat terus berlanjut.” tambahnya.

Baca Juga: Populasi Turun 550.000 Jiwa Akibat Perang, Putin Imbau Perempuan Rusia Punya 8 Anak

Sejauh ini militan telah membebaskan 97 sandera selama gencatan senjata: 70 perempuan dan anak-anak Israel, masing-masing dibebaskan dengan imbalan tiga tahanan perempuan dan remaja Palestina, ditambah 27 sandera asing yang dibebaskan berdasarkan perjanjian paralel dengan pemerintah mereka.

Dengan semakin sedikitnya perempuan dan anak-anak Israel yang ditahan, perpanjangan gencatan senjata memerlukan penetapan persyaratan baru untuk pembebasan pria Israel, termasuk tentara.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×