Italia Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Dosis Ke-4, Ini Tujuannya

Selasa, 22 Februari 2022 | 13:38 WIB Sumber: Reuters
Italia Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Dosis Ke-4, Ini Tujuannya

ILUSTRASI. Italia Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Dosis Ke-4, Ini Tujuannya

KONTAN.CO.ID - Milan. Pemerintah Indonesia masih mendorong program vaksin Covid-19 booster atau vaksin dosis ketiga. Di Italia, program vaksin Covid-19 dosis ke-4 segera dimulai.

Dikutip dari Reuters, Kementerian Kesehatan Italia telah merekomendasikan vaksin Covid-19 dosis keempat untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Menurut pejabat setempat, vaksin Covid-19 dosis keempat diberikan setelah 120 hari dari suntikan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga.

Kementerian Kesehatan Italia menyatakan keputusan rekomendasi vaksin dosis keempat itu disampaikan, yang menunjukkan masih tingginya sirkulasi penularan virus corona penyebab Covid-19.

Vaksin Covid-19 dosis keempat juga untuk mencegah kematian terkait Covid-19. Vaksin booster juga diyakini telah menurunkan risiko yang lebih umum, seperti menunurunkan risiko pasien Covid-19 yang memerlukan rawat inap.

Baca Juga: Kasus Covid-19 20 Februari 2022 Turun Lagi, Gejala Omicron Harus Tetap Diwaspadai

Namun pelaksanaan vaksin Covid-19 dosis keempat di Italia ini masih menunggu jadwal yang akan ditetapkan oleh Komisioner khusus untuk kondisi darurat Covid-19. 

Pelaksanaan vaksin Covid-19 dosis keempat juga akan disesuaikan dengan kebutuhan kampanye vaksin Covid-19.

Italia mencatat ada 152.848 kematian akibat Covid-19 sejak pandemi terjadi di negara tersebut pada Februari 2020. Jumlah kematian Covid-19 di Italia menjadi tertinggi kedua di Eropa setelah Inggris, dan tertinggi kedelapan di dunia.

Italia juga telah melaporkan sedikitnya 12,4 juta kasus Covid-19 hingga saat ini. Oleh karenanya, kementerian kesehatan Italia menilai, perlunya rekomendasi suntikan vaksin Covid-19 dosis keempat, terutama untuk orang dengan sistem kekebalan sangat lemah.

 

 

 

Editor: Adi Wikanto

Terbaru