CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Jeli melihat potensi iklan internet (3)


Jumat, 01 Maret 2019 / 09:25 WIB

Jeli melihat potensi iklan internet (3)


Mempunyai ilmu komputer yang mumpuni ditambah jeli melihat potensi bisnis menjadi kelebihan Divyank Turakhia. Saat dominasi Google di bisnis iklan internet, Divyank melihat masih ada peluang dirinya masuk melawan perusahaan besar asal Amerika Serikat itu. Hasilnya memang ciamik. Investor melirik perusahaan Media.net. Namun lagi-lagi ia pintar memilih perusahaan mana yang bisa membeli Media.net. Ia memilih China karena pasarnya masih luas.

Modal Divyank Turakhia membesarkan Media.net bukan hanya ilmu komputer. Namun kejelian bisnis dari pria kelahiran tahun 1982 ini mengantarkan Divyank bersama kakaknya menjadi salah satu miliarder dunia.

Tahun 1999 ia berkutat dengan bisnis domain internet. Tahun 2005 Divyank mulai memikirkan mencari ide bisnis baru.

Ide bisnis yang ada di kepala Divyank saat itu adalah bisnis iklan internet. Hal ini karena pada saat itu tahun 2005, bisnis iklan di internet di dominasi oleh Google dengan produk Google Adsense. Divyank mengetahui potensi bisnis iklan di internet masih cukup besar.

Ia pun mulai mendalami bisnis ini. Divyank mulai mencari cara kerja dan seluk beluk bisnis Adsense selama lima tahun terakhir, Divyank mengetahui bahwa Adsense bekerja dengan teknologi kontektual. Google Adsense akan menampilkan iklan di web atau domain tertentu sebagai target.

Karena sebelumnya sudah mempunyai bisnis registrasi domain yaitu Radix, Divyank merasa yakin kalau menjalankan bisnis periklanan internet akan menghasilkan cuan. Bisnis media periklanan internet ini akan diintegrasikan dengan Radix, dan diberi nama Media.net oleh Divyank.

Dalam mengembangkan Media.net, Divyank getol menggaet beberapa perusahaan teknologi terkemuka dunia seperti Yahoo dan Microsoft Bing. Alasan memilih partner ini adalah karena mereka berdua merupakan kompetitor utama Google.

Setelah melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis, saat ini tercatat Media.net tercatat menjadi kompetitor utama Google Adsense dari sisi pendapatan. Dari sisi pangsa pasar, Media.net merupakan penguasa pangsa pasar iklan internet terbesar kelima.


Reporter: Galvan Yudistira
Editor: Tri Adi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1952

Close [X]
×