kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang lipat gandakan donasi vaksin Covid-19 hingga 60 juta dosis


Kamis, 23 September 2021 / 13:07 WIB
Jepang lipat gandakan donasi vaksin Covid-19 hingga 60 juta dosis
ILUSTRASI. Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Jepang mengumumkan penambahan dosis vaksin Covid-19 untuk didonasikan ke berbagai negara. Jumlahnya kini menjadi 60 juta dosis, dua kali lipat dari rencana awal.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada hari Kamis (23/9) mengumumkan rencana ini sebagai bagian dari upaya internasional Jepang untuk memastikan akses yang adil ke vaksin Covid-19.

"Hari ini, saya mengumumkan bahwa dengan kontribusi tambahan, Jepang akan menyediakan hingga 60 juta dosis vaksin (Covid-19) secara total," ungkap Suga melalui pesan video yang diputar di KTT Covid-19 Global, seperti dikutip Reuters.

Bukan cuma vaksin, Suga juga mengatakan bahwa Jepang akan tetap membantu negara-negara dengan memasok konsentrator oksigen dan ventilator demi mengatasi krisis kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Vietnam borong 10 juta dosis vaksin Covid-19 Abdala buatan Kuba

Jepang juga akan fokus pada program "Last One Mile Support", salah satunya termasuk penyediaan truk berpendingin khusus untuk mendistribusikan vaksin ke daerah-daerah terpencil.

Sebelum ini Jepang sudah menyediakan 30 juta vaksin ke berbagai negara. Sekitar 23 juta dosisnya sebagian besar dikirim ke negara tetangga di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Melansir Kyodo, 30 juta dosis tambahan nantinya akan didistribusikan melalui COVAX, di mana Jepang juga telah menjanjikan pendanaan sebesar US$1 miliar kepada program internasional tersebut.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengklaim bahwa Jepang adalah negara penyumbang dosis vaksin Covid-19 terbesar ketiga di dunia pada bulan September 2021. Di atas Jepang ada Amerika Serikat dan China. 

Jepang yang sempat tertinggal dalam program vaksinasi nasional, kini telah berhasil memvaksinasi hingga 55% populasinya secara penuh. 

Selanjutnya: Yoshihide Suga mundur, gagal membawa Jepang melewati pandemi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×