kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang tingkatkan kecepatan kereta Shinkansen untuk rute tertentu hingga 320km/jam!


Jumat, 09 Oktober 2020 / 12:36 WIB
Jepang tingkatkan kecepatan kereta Shinkansen untuk rute tertentu hingga 320km/jam!


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Japan Railways (JR) atau perusahaan kereta bagian Timur tingkatkan kecepatan kereta api super cepat, Shinkansen hingga 320km/jam. Seperti apa ya rasanya naik kereta api dengan kecepatan tinggi tersebut?

Berbicara tentang Jepang pasti tidak lepas dari kereta api super cepat "Shinkansen" yang menjadi andalan transportasi di sana. Penduduk Jepang memang terkenal lebih menyukai menggunakan kendaraan umum ketimbang pribadi. Seperti kereta api, transportasi yang terbebas dari kemacetan ini menjadi andalan mereka ketika bepergian.

Baik bepergian ke kantor untuk bekerja agar sampai tepat waktu, atau sekedar melancong ke tempat tertentu. Salah satu kereta cepat yang populer di Jepang bahkan seluruh dunia adalah Shinkansen. Jika Anda berkunjung ke Jepang, tentu saja tidak boleh melewatkan naik kereta super cepat ini.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, Anda bisa sampai dari titik A ke B hanya dalam sekejap saja. Lebih cepat lagi, perusahaan kereta api Jepang, JR bagian Timur (JR East) kabarnya meningkatkan kecepatan Shinkansen untuk jalur tertentu.

Baca juga: Ada dana bantuan UKM dari Facebook, total Rp 12,5 miliar, ini cara daftar 

ILUSTRASI: Kereta api cepat Shinkansen

Mengutip dari Soranews24.com, JR East mengumumkan bahwa rute Tohoku Shinkanen ditingkatkan kecepatannya. Rute Tohoku Sihkanksen ini dimulai dari Tokyo ke Prefektur Aomori yang berada di ujung timur Jepang, Hokkaido.

Shinkansen berjalan dengan kecepatan berbeda tergantung lintasan yang dilewatinya. JR East meningkatkan kecepatan Shinkansen 23 persen menjadi 320km/jam dari kecepatan awal 260km/jam. 

Ini berlaku untuk rute dari Stasiun Morioka di Prefektur Iwate menuju Stasiun Shin Aomori di Prefektur Aomori. Meningkatnya kecepatan Shinkansen ini dapat memangkas waktu tempuh hingga 10 persen menjadi 43 menit saja.

Tidak hanya jalur ini saja yang mendapatkan peningkatan kecepatan kereta Shinkansen. Beberapa rute juga mendapatkan peningkatan kecepatan dari sebelumnya. Seperti rute dari Stasiun Ueno Tokyo dan Stasiun Omiya di Prefektur Saitama. 

Peningkatan kecepatan Shinkansen dari 110km/jam menjadi 130km/jam. Untuk meningkatkan kecepatan Shinkansen ini tidak semudah itu, pihak JR East juga telah mempersiapkan infrastruktur.

Dengan peningkatan kecepatan tersebut, otomatis suara Shinkansen ketika melewati jalur jauh lebih berisik. Oleh karena itu telah dipersiapkan infrastruktur untuk keselamatan di trek kereta serta penyerapan suara. 

Dimulai bulan Oktober ini, JR East akan memasang dan mempersiapkan infrastruktur tersebut. Seperti memasang material yang dapat menyerap suara pada trek kereta, meningkatkan ketinggian dinding yang berfungsi meredam suara. 

Dan yang tak ketinggalan memperluas kanopi penyangga di terowongan antara Morioka dan Shin-Aomori. Seluruh proyek tersebut diharapkan selesai pada tahun 2027.

Selanjutnya: Seluruh stasiun MRT beroperasi normal hari ini




TERBARU

[X]
×