kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jet Tempur Rusia dan Pesawat Bomber AS Berhadapan di Laut Barents


Senin, 25 Maret 2024 / 10:51 WIB
Jet Tempur Rusia dan Pesawat Bomber AS Berhadapan di Laut Barents
ILUSTRASI. B1-B Lancer operasional yang baru ditingkatkan pertama kali mendarat 21 Januari 2014, di Pangkalan Angkatan Udara Dyess, Texas.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Militer Rusia, pada hari Minggu (24/3), mengirim sebuah jet tempur MiG-31 untuk mencegat sepasang pesawat bomber Amerika Serikat yang mendekati perbatasan Rusia di atas Laut Barents.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, sistem keamanan Rusia menemukan target udara di atas Laut Barents mendekati perbatasan negara Federasi Rusia.

Objek terbang itu kemudian berhasil diidentifikasi sebagai sepasang pesawat pengebom strategis B-1B milik Angkatan Udara AS. 

Baca Juga: Uni Eropa Berencana Gunakan Aset Rusia untuk Perkuat Militer Ukraina

"Sebuah jet tempur MiG-31 dari pasukan peringatan reaksi cepat pertahanan udara dikerahkan untuk mengidentifikasi target udara dan mencegahnya melanggar perbatasan negara Rusia," ungkap Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip TASS.

Dijelaskan bahwa pesawat pengebom AS berbalik arah dari perbatasan negara Rusia begitu jet tempur Rusia mendekatinya.

Jet tempur MiG-31 kemudian dengan selamat kembali ke pangkalan udara asalnya dan berhasil mencegah pelanggaran perbatasan negara Rusia.

"Jet tempur Rusia secara ketat mengikuti aturan internasional dalam menggunakan wilayah udara di perairan netral, dan mematuhi langkah-langkah keselamatan," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca Juga: Anggota NATO Diminta Memberi Bantuan Lebih Banyak untuk Ukraina

Laut Barents merupakan laut marginal di Samudera Arktik yang terletak di lepas pantai utara Norwegia dan Rusia. Perairan ini terbagi antara perairan teritorial Norwegia dan Rusia.

Laut Barents merupakan perairan dangkal dan merupakan lokasi penting untuk penangkapan ikan dan eksplorasi hidrokarbon.

Belum jelas apa kepentingan militer AS di atas perairan tersebut. Ada kemungkinan bahwa itu merupakan bagian dari misi NATO, mengingat Norwegia merupakan bagian dari aliansi militer Barat tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×