kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden menang pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS)


Minggu, 08 November 2020 / 00:34 WIB
Joe Biden menang pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS)
ILUSTRASI. Joe Biden memenangkan pemilu presiden Amerika Serikat (AS) mengalahkan Donald Trump. Biden akan menjadi presiden AS ke-46.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan kursi kepresidenan Amerika Serikat (AS). Biden akan menjadi presiden AS ke-46.

Beberapa jaringan televisi utama AS melaporkan, Biden melangkah ke Gedung Putih mengalahkan Donald Trump, setelah memenangkan suara di Pennsylvania.

Dari negara bagian Pennsylvania, Biden mendapatkan 20 electoral votes dan sudah cukup untuk mengamankan suaranya.

Biden kini mengantongi 273 electoral votes, melebihi minimal 270 electoral votes yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan Presiden AS. Sementara Donald Trump hanya meraih 214 electoral votes, menurut data Edison Research.

Baca Juga: Trump dikabarkan tidak akan meninggalkan Gedung Putih kendati kalah dari Biden

Reuters melaporkan, para pemilih sepertinya dengan tegas menolak kepemimpinan yang kacau dari Donald Trump dan memilih janji Biden untuk memerangi pandemi virus corona dan memperbaiki ekonomi AS.

Biden yang juga mantan wakil presiden AS akan resmi memasuki Gedung Putih pada 20 Januari 2021 mendatang. Biden akan menjabat Presiden AS pada usia 78 tahun. Dia kemungkinan akan menghadapi tugas sulit memerintah di Washington yang sangat terpolarisasi.

Pada Jumat lalu, Biden mengatakan,  dia berharap untuk memenangkan perlombaan tetapi menahan diri untui memberikan pidato kemenangan.

Seorang penasihat Trump mengakui, peluang Trump menipis, tetapi Trump belum siap untuk mengakui kekalahan.

Pemilu tahun 2020 merupakan salah satu yang paling penting dalam sejarah AS, sama pentingnya dengan pemilu selama Perang Saudara 1860-an dan Depresi Hebat 1930-an.

Selama berbulan-bulan, para tim di kedua belah pihak melontarkan kekhawatiran bahwa Amerika Serikat tidak dapat memberikan suara yang adil. Pada akhirnya, bagaimanapun, pemungutan suara di tempat pemungutan suara berjalan dengan gangguan terbatas karena jutaan orang mengantre dengan sabar untuk memilih.

Ribuan pemantau pemilu dari kedua partai bekerja selama empat hari untuk memastikan penghitungan suara.

Baca Juga: Tertinggal dari Biden, satu per satu orang dekat Trump mulai menjauh




TERBARU

[X]
×