Jumlah IPO di Filipina Diprediksi Akan Capai Rekor Tahun Ini

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:59 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Jumlah IPO di Filipina Diprediksi Akan Capai Rekor Tahun Ini

ILUSTRASI. Bursa Filipina memprediksi jumlah IPO Filipina akan mencapai rekor tahun ini, dengan nilai setidaknya 150 miliar peso atau setara US$ 2,7 miliar.

KONTAN.CO.ID - MANILA. Bursa Filipina memprediksi jumlah penawaran umum perdana di Bursa Efek Filipina akan mencapai rekor tahun ini, dengan nilai setidaknya 150 miliar peso atau setara US$ 2,7 miliar.

Presiden bursa Ramon Monzon menyebut hal itu berdasarkan pada IPO yang ada dalam pipa dan penjualan saham yang telah terjadi, termasuk delapan bulan pertama tahun ini yang mengumpulkan total 76,17 miliar peso.

“Nilai penawaran di Filipina bisa mencapai 200 miliar peso jika perusahaan yang terindikasi berminat mengajukan aplikasi,” katanya dikutip dari Bloomberg, Minggu (14/8).

Baca Juga: Jinakkan Inflasi, Filipina Buka Keran Impor 300.000 Ton Gula Untuk Turunkan Harga

Sementara jumlah IPO tahun ini diperkirakan akan menjadi yang tertinggi untuk bursa, Monzon menilai modal yang diperoleh tidak akan menyamai rekor 234,48 miliar peso tahun lalu, ketika hanya dua penjualan saham yang menghasilkan total hampir 70 miliar peso.

“IPO yang direncanakan termasuk penjualan saham Prime Infrastructure Capital Inc. 28,2 miliar peso dan penawaran lanjutan dari Globe Telecom Inc. 32 miliar peso,” pungkas Monzon.

Sementara itu, Bursa Filipina juga sedang mencari untuk menghidupkan kembali tawarannya untuk membeli sisa dari Philippine Dealing System Holdings Corp sebagai tawaran saingan dari Land Bank of the Philippines untuk mengakuisisi bursa obligasi negara.

 

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru