kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45754,18   -2,20   -0.29%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus corona di negara ini melonjak pasca status darurat dicabut, Indonesia termasuk


Jumat, 03 Juli 2020 / 13:45 WIB
Kasus corona di negara ini melonjak pasca status darurat dicabut, Indonesia termasuk
ILUSTRASI. Atealla Betancourt menjalani tes di dalam mobil untuk penyakit virus korona (COVID-19) saat penyebarannya di Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (28/6/2020). REUTERS/Sergio Flores

Sumber: KONTAN.co.id | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona / COVID-19 yang mulai terendus sejak awal tahun ini sekarang memasuki fase yang semakin buruk. Dalam beberap bulan terakhir sejumlah negara sudah melakukan sejumah langkah pencegahan seperti penutupan wilayah (lockdown) atau sekadar pembatasan aktivitas sosial.

Di beberapa negara, langkah-langkah tersebut bisa dibilang efektif untuk menekan angka korban. Sayangnya, beberapa negara justru terlena dan mencabut status darurat yang berakhir fatal.

Sekarang, setelah status darurat di beberapa negara dicabut, jumlah korban justru semakin bertambah. Indonesia jadi salah satu negara dengan penambahan pasien terbesar sejak masa pembatasan sosial dicabut.

Berikut ini beberapa negara yang memasuki fase terburuk justru setelah kebijakan pembatasan sosial dicabut.

Baca Juga: Kasus corona di 37 negara bagian AS melonjak, Florida laporkan 10.000 kasus baru

1. Amerika Serikat

AS kini melaporkan hampir 2,7 juta kasus dan lebih dari 128.000 meninggal akibat virus corona. Rabu (1/7), AS memiliki 50.700 infeksi baru, rekor kenaikan harian baru, yang mereka umumkan pada Kamis (2/7).

Pada minggu pertama Juni, kasus corona di Amerika Serikat bertambah sekitar 22.000 kasus baru setiap hari. Selama tujuh hari terakhir bulan Juni, infeksi baru setiap hari hampir dua kali lipat menjadi 42.000 secara nasional.

California jadi negara bagian dengan sumbangan korban yang cukup banyak. Kasus terkonfirmasi di California meningkat hampir 50% dalam dua minggu belakangan. 

Infeksi juga melonjak di banyak negara bagian lain di AS, termasuk Florida, Arizona dan Texas. Florida mencatat lebih dari 6.500 kasus baru dan Florida Selatan menutup pantai untuk mencegah kerumunan 4 Juli yang bisa menyebarkan virus lebih lanjut.



TERBARU

[X]
×