kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus corona melonjak, Korea Selatan pertahankan kebijakan jarak sosial Tingkat 2


Jumat, 28 Agustus 2020 / 09:33 WIB
Kasus corona melonjak, Korea Selatan pertahankan kebijakan jarak sosial Tingkat 2
ILUSTRASI. Penyebaran virus corona di wilayah Seoul, Korea Selatan


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan tetap mempertahankan kebijakan jarak sosial Tingkat 2 untuk kawasan Seoul dan sekitarnya selama satu minggu lagi. Jumat (28/8), Perdana Menteri Korea Selatan Chung Sye-kyun mengatakan, hal dilakukan meskipun terjadi lonjakan transmisi Covid-19 di kawasan tersebut.

Dalam pernyataannya, Chung menyebut pemerintah juga akan mempertimbangkan cara untuk membatasi operasi restoran dan kafe dalam tindakan penanggulangan terbaru guna mengekang penyebaran cepat virus corona.

Baca Juga: Korea Selatan memperpanjang larangan short selling hingga Maret 2021

"Pemerintah akan memperpanjang jarak sosial Tingkat 2, yang ditetapkan berakhir akhir pekan ini, satu minggu lagi (hingga Minggu (6/9))," kata Chung dalam pertemuan pemerintah terkait Covid-19 yang rutin dilakukan.

Dia menambahkan, ada seruan tinggi untuk meningkatkan persyaratan jarak ke Tingkat 3, yang merupakan level tertinggi, tetapi hal tersebut tetap menjadi pilihan terakhir bagi pemerintah karena dampak ekonomi dan sosialnya yang cukup besar.

"Untuk saat ini, (kami) perlu memaksimalkan keefektifan jarak Level 2 yang saat ini ada," tambahnya.

Mulai 19 Agustus, pemerintah menempatkan wilayah ibu kota di bawah pedoman jarak sosial Tingkat 2, tertinggi kedua dalam sistem tiga tingkat, selama dua minggu. Dengan kebijakan ini maka ada larangan pertemuan dalam ruangan yang terdiri dari 50 orang atau lebih dan acara luar ruangan yang diikuti 100 orang atau lebih. 

Pemerintah pun sudah memperluas level jarak tersebut untuk seluruh Korea Selatan pada akhir pekan lalu.

Baca Juga: Jumlah kasus corona naik, Korea Selatan desak karyawan bekerja dari rumah (WFH)

Bersamaan dengan keputusan terbaru, persyaratan jarak untuk wilayah selain ibu kota diharapkan dipertahankan pada level saat ini.

Pada kebijakan jarak sosial Tingkat 3 maka seluruh aktivitas luar ruangan kecuali untuk tujuan sosial dan ekonomi yang penting dilarang. Selain itu, pertemuan 10 orang atau lebih tidak diizinkan, dan semua acara olahraga ditangguhkan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×