kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 Melonjak, Jutaan Penduduk di China Masih Terkunci


Senin, 18 Juli 2022 / 15:19 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak, Jutaan Penduduk di China Masih Terkunci
ILUSTRASI. Seorang pekerja dengan pakaian pelindung mengarahkan warga yang mengantre untuk tes, menyusul wabah Covid-19, di Shanghai, China, 12 Juli 2022. REUTERS/Aly Song.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Beberapa kota besar di China termasuk Shanghai sedang waspada terhadap wabah baru Covid-19, meluncurkan tes massal berulang kali atau memperpanjang penguncian atas jutaan penduduk.

China melaporkan rata-rata 390 kasus harian lokal Covid-19 dalam tujuh hari terakhir, lebih tinggi dari 340 di pekan sebelumnya, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data resmi per Senin (18/7). Tapi, masih lebih rendah dibanding kebangkitan kasus di bagian lain Asia.

China bersikeras menerapkan kebijakan "nol-Covid" untuk menghilangkan wabah segera setelah muncul. Sebelumnya, ketika gejolak menjadi wabah besar, pejabat lokal terpaksa mengambil tindakan lebih keras, seperti penguncian selama sebulan.

Baca Juga: Hanya Tumbuh 0,4%, Laju Ekonomi China Paling Lambat sejak Pandemi Covid-19

Wabah yang terus-menerus dan lebih banyak penguncian bisa menambah tekanan pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu, yang mengalami kontraksi tajam pada kuartal kedua tahun ini setelah lockdown yang meluas menyentak produksi industri dan belanja konsumen.

Pusat komersial Shanghai, yang belum sepenuhnya pulih dari penguncian dua bulan yang ketat dan masih melaporkan kasus sporadis setiap hari, mengatakan pada Senin, berencana untuk mengadakan pengujian massal di banyak dari 16 distriknya.

"Masih ada risiko epidemi di tingkat masyarakat sejauh ini," kata Pemerintah Kota Shanghai dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Kota Tianjin, yang meluncurkan beberapa putaran pengujian massal dalam beberapa bulan terakhir untuk mengekang wabah sebelumnya, menyatakan pada Senin, pihaknya kembali menguji lebih dari 12 juta penduduknya, setelah menemukan dua kasus lokal.

Baca Juga: Cuaca Panas Landa China, Bikin Aspal Melengkung dan Genteng Pecah

Di Kota Zhumadian, penguncian terhadap lebih dari satu juta orang di dua distrik diperpanjang selama beberapa hari hingga Selasa (19/7). Penguncian sementara untuk lebih dari 3 juta di empat distrik lain diperpanjang hingga Senin (18/7). 

Zhumadian terus melaporkan puluhan kasus Covid-19 setiap hari, meskipun ada pembatasan ketat mulai pekan lalu.

Kota Chengdu pada Senin menangguhkan berbagai tempat hiburan dan budaya, memperluas pembatasan yang bergulir akhir pekan lalu di beberapa distrik.

Sementara ibu kota China, Beijing, setelah seminggu tanpa kasus, menemukan dua infeksi lokal pada Senin, yakni kru penerbangan internasional dan teman sekamarnya. Pihak berwenang telah menutup bangunan tempat tinggal mereka.




TERBARU

[X]
×