kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemampuan Warren Buffett mengelola Berkshire Hathaway mulai dipertanyakan


Rabu, 04 November 2020 / 22:58 WIB
Kemampuan Warren Buffett mengelola Berkshire Hathaway mulai dipertanyakan
ILUSTRASI. Kemampuan Warren Buffett mengelola Berkshire Hathaway mulai dipertanyakan


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Tidak ada yang memiliki bola kristal yang memprediksi harga saham, tetapi inilah yang harus diperhatikan investor.

Pernyataan bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan beberapa turbulensi pasar tahun ini merupakan pernyataan yang meremehkan, dan volatilitas belum mereda. Namun, pasar saham berkinerja cukup baik, semua hal dipertimbangkan.

Faktanya, banyak investor yang terkejut mengetahui bahwa S&P 500 sedikit naik untuk tahun ini.

Hal itu dikatakan Matthew Frankel, seorang perencana keuangan bersertifikat yang berbasis di Carolita Selatan, Amerika Serikat (AS).

Matthew mengatakan, tidak semua saham bernasib baik. Berkshire Hathaway telah menjadi kekecewaan khusus. Perusahaan memiliki sejarah panjang dalam mengungguli pasar selama masa-masa sulit, tetapi itu belum terjadi pada tahun 2020, dan sahamnya turun hampir 10% dari tahun ke tahun. Apa yang diharapkan investor ke depan?

Baca Juga: Pertarungan sengit Jeff Bezos vs Mukesh Ambani mendominasi pasar ritel India

Berkshire Hathaway dalam pandemi Covid-19

Pertama, bisnis Berkshire umumnya dirancang untuk berkinerja baik dalam iklim ekonomi apa pun. Misalnya, GEICO menjual produk yang dibutuhkan orang apa pun yang terjadi, dan banyak bisnis operasi Berkshire lainnya yang cukup tahan resesi juga.

Berkshire kemungkinan berkinerja buruk karena investor mempertanyakan apakah Warren Buffett dan timnya masih fit untuk menavigasi pasar saat ini. Misalnya, Buffett menjual saham maskapai Berkshire setelah jatuhnya pasar dengan harga murah.

"Yang sangat mengecewakan banyak pemegang saham Berkshire - termasuk saya sendiri - Buffett tidak mengerahkan persediaan uang tunai Berkshire yang sangat besar selama kepanikan bulan Maret," ujarnya dalam artikelnya yang diterbitkan di The Motley Fool pada Rabu 4 November 2020.

Baca Juga: Lebih kaya dari Warren Buffett, begini kisah Mark Zuckerberg membesarkan Facebook

Matthew  mengatakan, baru-baru ini, Buffett tampaknya menjadi sedikit lebih nyaman menggunakan uang untuk bekerja, karena kuartal ketiga tahun 2020 telah menjadi salah satu dari Berkshire yang lebih aktif. Namun, investor kemungkinan besar kecewa karena investor legendaris tidak memanfaatkan pasar beruang.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×