Kematian COVID-19 di AS Capai 400 Kasus per Hari, Joe Biden: Pandemi Sudah Berakhir

Selasa, 20 September 2022 | 05:40 WIB Sumber: Reuters
Kematian COVID-19 di AS Capai 400 Kasus per Hari, Joe Biden: Pandemi Sudah Berakhir

ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa "pandemi telah berakhir". REUTERS/Evelyn Hockstein

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pada Minggu (18/9/2022), Presiden AS Joe Biden mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa "pandemi telah berakhir". Padahal, negara itu masih bergulat dengan infeksi virus corona yang membunuh ratusan orang Amerika setiap hari.

"Pandemi sudah berakhir," kata Biden selama wawancara yang dilakukan dengan program "60 Menit" CBS pada hari Rabu di sela-sela pameran mobil Detroit, sebuah acara yang menarik ribuan pengunjung.

Dia menambahkan, "Kita masih memiliki masalah dengan COVID. Kita masih melakukan banyak hal untuk itu. Tetapi pandemi sudah berakhir. Jika Anda perhatikan, tidak ada yang memakai masker. Semua orang tampaknya dalam kondisi yang cukup baik. Jadi saya pikir itu berubah."

Melansir Reuters, jumlah korban pandemi COVID-19 telah berkurang secara signifikan sejak awal masa jabatan Biden ketika lebih dari 3.000 orang Amerika per hari meninggal, karena perawatan yang ditingkatkan, obat-obatan, dan vaksinasi menjadi lebih banyak tersedia.

Baca Juga: WHO Tidak Lagi Menyarankan Dua Obat Ini untuk Mengobati Covid-19

Tetapi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, hampir 400 orang setiap hari terus meninggal akibat COVID-19 di Amerika Serikat.

Biden menghabiskan lebih dari dua minggu diisolasi di Gedung Putih setelah dua serangan dengan COVID-19, mulai Juli. Istrinya Jill tertular virus pada bulan Agustus. Biden mengatakan kasus-kasus ringan merupakan bukti perbaikan dalam perawatan selama kepresidenannya.

Biden telah meminta Kongres untuk menggelontorkan dana senilai US$ 22,4 miliar lebih banyak untuk mempersiapkan kemungkinan lonjakan kasus COVID-19.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru