kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kim Jong Un Serukan Militer Korea Utara Siap Menanggapi Provokasi Musuh


Sabtu, 02 Desember 2023 / 05:34 WIB
Kim Jong Un Serukan Militer Korea Utara Siap Menanggapi Provokasi Musuh
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyerukan militer Korea Utara agar siap menanggapi setiap aksi provokasi musuh. KCNA melalui REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Menurut media pemerintah KCNA, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyerukan militer Korea Utara agar siap menanggapi setiap aksi "provokasi" musuh. 

Sebelumnya, Pyongyang berjanji untuk mengerahkan angkatan bersenjata yang lebih kuat dan senjata baru di sepanjang perbatasannya dengan Korea Selatan.

Melansir Reuters, ketegangan di semenanjung Korea telah meningkat sejak Korea Utara bulan lalu meluncurkan satelit mata-mata. Kondisi ini mendorong Seoul untuk menangguhkan klausul penting dalam perjanjian militer antar-Korea tahun 2018. Pyongyang pada gilirannya menyatakan bahwa pihaknya tidak lagi terikat oleh perjanjian tersebut.

KCNA melaporkan, saat mengunjungi komando angkatan udara Korea Utara pada hari Kamis untuk memperingati hari penerbang cabang tersebut, Kim meluncurkan pedoman untuk meningkatkan postur tempur militer dan meningkatkan kemampuannya untuk berperang secara maksimal.

“Dia menetapkan kebijakan operasional dan taktis… untuk melawan provokasi militer dan ancaman musuh dengan segera dan kuat,” kata KCNA.

Perhentian itu diikuti dengan kunjungan ke sayap pesawat tempur, tempat pilot melakukan demonstrasi penerbangan, katanya.

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan Kim dan putrinya, keduanya mengenakan jaket kulit panjang, menonton pertunjukan tersebut.

Baca Juga: Korea Selatan Akan Luncurkan Satelit Mata-mata Pertama

Kim memuji angkatan udara karena sepenuhnya siap untuk melaksanakan misi tempur udara mereka dengan sempurna dalam situasi apa pun yang tidak menguntungkan.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya mengecam keras peluncuran satelit mata-mata pertama Korea Utara sebagai pelanggaran terhadap beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB. 

Akan tetapi Pyongyang mengatakan pihaknya akan meluncurkan lebih banyak satelit, dan menyebutnya sebagai bentuk hak untuk membela diri.

Pada hari Kamis, Amerika Serikat menargetkan Korea Utara dengan sanksi baru atas peluncuran satelit tersebut, dan menunjuk agen-agen asing yang dituduh memfasilitasi penghindaran sanksi. Korea Selatan juga mengumumkan sanksi terhadap 11 warga Korea Utara.

Mencerminkan meningkatnya ketegangan, Korea Selatan telah menangguhkan tur ke Zona Demiliterisasi (DMZ) antara kedua Korea, kata seorang pejabat Seoul.

Baca Juga: Krisis Keuangan, Korea Utara Tutup Lagi Kedutaan di Sejumlah Negara

Media lokal melaporkan bahwa tentara Korea Utara di Kawasan Keamanan Bersama (JSA) di dalam DMZ kembali membawa senjata api setelah Korea Utara menarik diri dari perjanjian militer antar-Korea.

Tur DMZ telah dimulai kembali minggu lalu; setelah sebelumnya dihentikan setelah seorang tentara AS melakukan penyeberangan tanpa izin ke Korea Utara saat melakukan tur pada bulan Juli. 

Prajurit Travis King kemudian diserahkan kembali oleh Korea Utara dan dikembalikan ke Amerika Serikat, di mana dia menghadapi dakwaan.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×