kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,12   -2,29   -0.23%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Umumkan Kim Jong Un Sudah Kembali Pulang dari Rusia


Kamis, 21 September 2023 / 05:52 WIB
Korea Utara Umumkan Kim Jong Un Sudah Kembali Pulang dari Rusia
ILUSTRASI. Korea Utara mengumumkan, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah pulang dari perjalanan ke Rusia. Pemerintah Daerah Primorsky Krai/Handout via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Media pemerintah Korea Utara melaporkan, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah pulang dari perjalanan ke Rusia di mana ia memperdalam “persekutuan dan hubungan persahabatan” dengan Presiden Vladimir Putin.

Mengutip Military Times, selama perjalanan enam hari Kim ke Rusia, yang merupakan perjalanan luar negeri terpanjangnya sebagai pemimpin, kedua negara mengatakan mereka membahas peningkatan hubungan pertahanan. Akan tetapi, kedua negara tidak mengungkapkan langkah spesifik apa pun. 

Para ahli asing berspekulasi bahwa kedua negara, yang sama-sama terlibat dalam konfrontasi dengan Barat, berusaha mencapai kesepakatan transfer senjata yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kantor Berita Pusat Korea resmi dalam laporan terpisah mengatakan kereta Kim melintasi sungai perbatasan pada Senin pagi dan Kim disambut oleh sorak-sorai “bersemangat” dari kerumunan besar di stasiun kereta Pyongyang pada Selasa malam. 

Laporan KNCA pada hari Rabu mengatakan para pejabat senior Korea Utara mengucapkan selamat kepadanya atas kemajuan hubungan dengan Rusia.

Baca Juga: Inilah Sosok Wanita Paling Berbahaya di Dunia Menurut Para Pakar

Sebelum melakukan perjalanan ke Rusia, Kim melakukan beberapa kunjungan ke pabrik amunisinya, sehingga memicu spekulasi bahwa ia bermaksud memeriksa produksi senjata yang akan dikirim ke Rusia.

Saat melakukan perjalanan melalui wilayah timur jauh Rusia, Kim bertemu Putin di pusat peluncuran ruang angkasa paling penting di Rusia sebelum mengunjungi situs militer untuk melihat beberapa sistem senjata tercanggih Rusia seperti pembom berkemampuan nuklir, jet tempur, dan rudal hipersonik.

Dalam pernyataan langsung selama pertemuan mereka pekan lalu, Kim menawarkan dukungan penuh dan tanpa syarat kepada Putin. 

KCNA kemudian mengatakan Kim dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu juga bertemu dan membahas perluasan koordinasi strategis dan taktis antara angkatan bersenjata kedua negara.

Baca Juga: Kunjungan ke Rusia Berakhir, Kim Jong Un Pulang ke Korea Utara dengan Kereta

Banyak pakar dari luar mengatakan Kim akan memasok amunisi untuk mengisi kembali persediaan Rusia yang terkuras pada tahun kedua perang di Ukraina sebagai imbalan atas penerimaan teknologi Rusia untuk memodernisasi persenjataan nuklirnya. 




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×