Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Kinerja Facebook Inc pada kuartal III-2020 ciamik. Buktinya, total pendapatan perusahaan sosial media ini tetap mentereng di tengah pandemi Covid-19.
Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, pendapatan iklan Facebook pada kuartal ketiga yang berakhir 30 September melesat 22% secara tahunan (yoy) menjadi US$ 21,47 miliar. Pada periode yang sama tahun lalu, pendapatan iklan Facebook tercatat US$ 17,65 miliar.
Realisasi pendapatan iklan Facebook ini pun di atas proyeksi para analis yang memperkirakan kenaikan hanya 12%.
Baca Juga: Wall Street rebound ditopang saham teknologi dan data ekonomi yang ciamik
Boikot iklan yang sempat melanda Facebook pada bulan Juli lalu, setelah kegagalan dalam penanganan ujaran kebencian, yang membuat beberapa pembelanja individu terbesar di media sosial terhenti sementara, hampir tidak mengurangi penjualannya, yang sebagian besar berasal dari bisnis kecil.
Pertumbuhan pendapatan di Facebook, yang berasal dari penjual iklan online, menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Google. Sebelumnya, kenaikan pendapatan Facebook sempat menipis seiring dengan kematangan bisnisnya.
Namun, dibandingkan dengan ekspektasi, perusahaan telah mengalami tahun yang fantastis karena lonjakan penggunaan platform oleh pengguna yang terjebak di rumah akibat penguncian terkait virus corona. Ini akhirnya melindungi penjualan iklan online bahkan ketika aktivitas ekonomi yang lebih luas menderita.