kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kiswah, Kain Penutup Ka'bah Akan Diganti pada 1 Muharram 1444


Jumat, 29 Juli 2022 / 14:27 WIB
Kiswah, Kain Penutup Ka'bah Akan Diganti pada 1 Muharram 1444
ILUSTRASI. Kiswah, Kain Penutup Ka'bah Akan Diganti pada 1 Muharram 1444. Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MAKKAH. Salah satu upacara yang paling banyak ditonton di dunia Islam berlangsung Sabtu ini ketika Ka'bah dihiasi dengan Kiswah barunya.

Dalam perubahan tradisi, Presidensi Umum Dua Masjid Suci akan melakukan acara tahunan pada malam tahun baru Islam 1 Muharram 1444, atau Sabtu, 30 Juli.

Ini menandai “pergeseran dari kebiasaan berusia puluhan tahun untuk menggantinya pada malam Arafah, sesuai keputusan kerajaan yang dikeluarkan baru-baru ini,” kata Abdulrahman Al-Sudais, presiden badan tersebut.

Kiswah, atau penutup Ka'bah, diganti setiap tahun dalam tradisi selama berabad-abad.

Baca Juga: RI negara pertama penerima kiswah dari Raja Salman

Selama beberapa dekade Kiswah diganti pada pagi hari tanggal 9 Dzulhijjah, ketika peziarah berangkat ke dataran Arafat. Ini biasanya saat Masjidil Haram kosong, untuk memungkinkan penggantian yang lancar.

Kiswah baru akan tetap berlaku sampai haji tahun depan. Sebuah tim yang terdiri dari 200 teknisi Saudi yang bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Pembuatan Kiswah Ka'bah, akan melaksanakan tugas tersebut.

Penenunan, penjahitan dan pencetakan dengan tangan dan mesin menggunakan 47 lembar kain dan benang. Mesin jahit komputerisasi terbesar di dunia, dengan panjang 16 meter, melakukan proses tersebut. Kain dijahit menjadi lima bagian yang berbeda dan dipasang pada alasnya dengan cincin tembaga.

Baca Juga: Ini Proyek Rahasia Arab Saudi: Gedung Cermin Setinggi 500 Meter, Panjang 120 Km!

Sekitar 670 kilogram sutra mentah diwarnai hitam. Kiswah dihiasi dengan ayat-ayat Alquran yang disulam ke kain dengan 120 kilogram benang emas 21 karat dan 100 kilogram benang perak. Biaya pembuatan Kiswa seberat 850 kilogram baru diperkirakan menelan biaya SR25 juta, atau lebih dari $6,5 juta, menjadikannya penutup paling mahal di dunia.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×