kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KKR, CD&R mencapai kesepakatan untuk membeli Cloudera seharga US$ 5,3 miliar


Kamis, 03 Juni 2021 / 05:20 WIB
KKR, CD&R mencapai kesepakatan untuk membeli Cloudera seharga US$ 5,3 miliar


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. KKR & Co. dan Clayton Dubilier & Rice LLC mencapai kesepakatan untuk menjadikan Cloudera Inc. dalam kesepakatan tunai dengan nilai perusahaan sekitar US$ 5,3 miliar, membuka babak baru untuk perusahaan perangkat lunak perusahaan yang pernah terbang tinggi yang berjuang untuk mempertahankan pertumbuhan melawan pesaing yang lebih besar.

Dilansir dari Bloomberg, raksasa ekuitas swasta setuju untuk membeli perusahaan perangkat lunak dengan harga US$ 16 per saham, atau 24% dari penutupan sebelumnya, kata Cloudera dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (1/6).

Entitas yang terkait dengan Grup Icahn Carl Icahn, yang memegang sekitar 18% saham yang beredar, telah setuju untuk memberikan suara mendukung kesepakatan tersebut, kata perusahaan itu. Cloudera, yang menganggap investor aktivis sebagai pemegang saham terbesarnya, telah menjajaki penjualan potensial sejak pertengahan 2020 setelah menerima bunga pengambilalihan.

Perusahaan rintisan telah melihat pertumbuhan pendapatan merosot menjadi single digit selama setahun terakhir dari lebih dari 80% dua tahun lalu, sebagian dirugikan oleh persaingan dari saingan yang lebih besar seperti, Amazon.com Inc., Alphabet Inc. dan Microsoft Corp. di bidang perangkat lunak cloud-nya.

Baca Juga: Meski bahan baku seret, berbagai pabrik di kawasan Asia tetap ekspansif

Saham Cloudera melonjak 26% dalam perdagangan premarket di New York dari penutupan sebelumnya di US$12,86. Sahamnya sempat turun 7,5% tahun ini.

Kesepakatan itu mencakup ketentuan "go shop", yang akan berakhir pada 1 Juli, yang akan memungkinkan dewan mencari penawar alternatif. Jika kesepakatan dibatalkan, Cloudera telah setuju untuk membayar biaya penghentian antara US$ 92,5 juta dan US$171,7 juta tergantung pada alasan pembatalan kesepakatan, sesuai dengan ketentuan. Para penawar telah menyetujui biaya terminasi sebesar US$ 290,6 juta.

Cloudera didirikan pada 2008 dan didukung oleh investor termasuk Intel Corp., pemegang saham terbesar kedua menurut data Bloomberg. Ketika go public pada tahun 2017, nilainya sekitar setengah dari valuasi US$ 4,1 miliar sebagai perusahaan swasta.

Itu menutup merger semua saham dengan saingannya Hortonworks pada tahun 2019 dan telah berjuang untuk mengintegrasikannya, akhirnya menarik perhatian Icahn, yang mengkritik strategi Cloudera. Investor aktivis akhirnya mencapai kesepakatan yang memberikan perusahaannya dua kursi di dewan perusahaan.

Morgan Stanley adalah penasihat keuangan Cloudera. GCA Advisors, Bank of America Corp., William Blair & Co., Perella Weinberg Partners LP, Cowen Inc. dan JPMorgan Chase & Co. adalah penasihat keuangan CD&R dan KKR. JPMorgan, Bank of America, dan KKR Capital Markets akan menyediakan pembiayaan utang untuk kesepakatan itu.

Selanjutnya: AS siap menerapkan kebijakan baru tentang kripto, ini aturan mainnya




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×