kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Klaim pengangguran Inggris bulan April capai rekor terburuk sejak 1996


Selasa, 19 Mei 2020 / 14:31 WIB
Klaim pengangguran Inggris bulan April capai rekor terburuk sejak 1996
ILUSTRASI. Klaim pengangguran di Inggris naik tajam


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - LONDON. Tingkat pengangguran di Inggris melesat ke level tertinggi sejak tahun 1996. Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris melaporkan, klaim pengangguran pada bulan April lalu bertambah 856.500 menjadi 2,09 juta.

Kenaikan jumlah klaim bulanan di bulan April lalu juga menjadi yang tertinggi. Mengingat jumlahnya melesat 69% dibandingkan kenaikan pada bulan sebelumnya.

Lonjakan jumlah pengangguran di Inggris diperkirakan kana lebih tinggi jika pemerintah tidak melakukan program bantuan pembayaran 80% upah pekerja yang diberhentikan sementara. 

Baca Juga: Resesi global bakal berkepanjangan, pengangguran kalangan kaum muda diproyeksi naik

Kenaikan jumlah pengangguran ini merupakan dampak dari pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk menahan penyebaran virus corona. "Meski hanya mencakup minggu-minggu pertama pembatasan, tetapi angka ini sudah menunjukkan Covid-19 berdampak besar pada pasar tenaga kerja," kata Deputi Statistik Nasional ONS Jonathan Athow.

Sebelumnya, hasil jajak pendapat Reuters memperlihatkan median pertambahan klaim pengangguran Inggris capai 676.500. 

Tej Parikh, Kepala Ekonom Institute of Directors mengatakan, skema subsidi upah pemerintah menahan kejatuhan dari penambahan pengangguran untuk saat ini. Tetapi saat kebijakan tersebut berakhir di bulan Juli, perusahaan diperkirakan bakal mulai kesulitan membayar upah mulai Agustus.

Baca Juga: Jumlah pengangguran baru di Australia sentuh rekor

"Banyak perusahaan masih akan berada di tengah krisis arus kas, dan akan berjuang dengan kenaikan biaya. Pemerintah menghadapi tugas berat dalam meredam skema tanpa menyebabkan terlalu banyak rasa sakit," kata Parikh. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×