kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kombinasi mengerikan, jet tempur Korea KF-21 hasil kongsi Indonesia dan drone siluman


Selasa, 16 November 2021 / 23:00 WIB
Kombinasi mengerikan, jet tempur Korea KF-21 hasil kongsi Indonesia dan drone siluman


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Militer Korea Selatan meluncurkan video animasi tentang jet tempur KF-21 hasil kongsi dengan Indonesia dan drone siluman dalam serangan mendadak, menawarkan sekilas konsep pertempuran masa depan yang memadukan aset berawak dan tak berawak.

Badan Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA) baru-baru ini mem-posting video pendek di saluran YouTube-nya, yang menggambarkan jet tempur KF-21 diapit tiga drone siluman dalam operasi udara bersama di atas pulau paling timur Korea Selatan, Dokdo.

Jet tempur KF-21 juga terlihat sedang mengisi bahan bakar di udara yang berasal dari pesawat angkut tanker KC-330.

Ini menandai pertama kalinya otoritas militer Korea Selatan mengungkapkan konsep seperti itu yang melibatkan jet tempur KF-21 dan drone siluman, yang dikembangkan Korea Selatan sebagian besar berdasarkan teknologi dalam negeri.

Baca Juga: Korea Selatan luncurkan prototipe jet tempur, Jokowi ucapkan selamat

“Jika proyek berjalan lancar, dan ketika jet tempur asli dikerahkan, mereka bisa melakukan misi dengan pesawat tak berawak suatu hari nanti,” kata seorang pejabat DAPA kepada kantor berita Yonhap, Selasa (16/11).

Korea Selatan dengan mengandeng Indonesia telah mengerjakan proyek KF-21 sejak 2015. Dengan muatan maksimum 7.700 kilogram, jet tempur ini akan memiliki 10 pod untuk rudal udara-ke-udara dan senjata lainnya.

KF-21 mampu terbang dengan kecepatan 2.200 kilometer per jam dengan daya jangkauan 2.900 kilometer.

Ketika proyek selesai, Korea Selatan akan menjadi negara ke-13 yang mengembangkan jet tempur. Uji terbang pertama rencananya pada 2022, dengan seluruh pengembangan selesai pada 2026. 

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in - pesawat jet tempur KF-21

Baca Juga: Di prototipe jet tempur Korea Selatan ada bendera Indonesia, ini alasannya




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×