kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan bakal gelar vaksinasi Covid-19 mulai bulan Februari 2021


Senin, 28 Desember 2020 / 14:10 WIB
Korea Selatan bakal gelar vaksinasi Covid-19 mulai bulan Februari 2021
ILUSTRASI. Penyebaran virus corona di Korea Selatan


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan akan memulai vaksinasi virus corona mulai bulan Februari 2021 mendatang. Hal ini diungkapkan Presiden Moon Jae-in, setelah menepis kritik bahwa pemerintahnya telah menunda program vaksin Covid-19. 

Senin (28/12), Moon juga membantah tentang kekhawatiran bahwa Korea Selatan mungkin belum mendapatkan cukup vaksin atau bahwa warganya akan terlambat memperoleh vaksinasi. 

"Itu tidak benar," kata presiden di depan reporter di awal pertemuan mingguannya dengan para pembantu senior Cheong Wa Dae, Senin (28/12).

Pemerintah menerapkan sistem dukungan antarlembaga "beberapa bulan sebelumnya", dan telah melakukan upaya habis-habisan untuk penyediaan vaksin berdasarkan pendapat para ahli, tambahnya.

"Kami berjalan (dengan program) dengan lancar sesuai dengan kebijakan awal kami," tegasnya.

Pemerintah mengharapkan bahwa mereka dapat mulai melakukan vaksinasi pada bulan Februari kepada mereka yang berada di daftar prioritas teratas. Mereka adalah staf medis dan pekerja di fasilitas perawatan lansia, tambah Moon.

Dia bilang, Korea Selatan telah "mengamankan volume yang cukup" dari vaksin dan mendorong pembelian dosis tambahan dalam persiapan untuk situasi darurat.

Otoritas kesehatan negara mengumumkan secara terpisah bahwa mereka telah menyelesaikan penandatanganan kontrak dengan tiga perusahaan farmasi asing, yakni AstraZeneca, Janssen dan Pfizer, untuk mendapatkan vaksin untuk total 36 juta orang. 

Pemerintah saat ini mendekati penyelesaian kontrak dengan Moderna untuk membeli dosis untuk 10 juta orang.

Moon juga menegaskan kembali dukungan penuh untuk pengembangan vaksin oleh pembuat obat dalam negeri, yang menurutnya harus dilakukan dalam hal "kedaulatan vaksin."

Untuk memberantas virus corona agar masyarakat dapat kembali ke kehidupan normal, diperlukan tiga strategi. Yakni menahan virus, vaksin, dan pengobatan, ungkap Moon.

Pada gelombang transmisi skala besar yang sedang berlangsung di seluruh negeri, Moon berkata, "Tidak ada jalan pintas untuk pengendalian dan pencegahan virus" dan meminta kerjasama dan dukungan publik yang berkelanjutan.

Dia mencatat bahwa 2021 akan menjadi tahun kelima masa jabatannya dan bersumpah untuk tidak ada titik buta dalam kepemimpinannya.

Tingkat kepopoleran Moon telah turun tajam menjadi di bawah 40% dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini ditunjukan dalam jajak pendapat. Dia secara luas diharapkan untuk segera melakukan perombakan sebagian Kabinet dan pembantu utama Moon, Cheong Wa Dae.




TERBARU

[X]
×