kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kunjungi Pabrik Senjata, Kim Jong Un Janji Bakal Tingkatkan Kesiapan Perang


Senin, 07 Agustus 2023 / 05:25 WIB
Kunjungi Pabrik Senjata, Kim Jong Un Janji Bakal Tingkatkan Kesiapan Perang


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi pabrik-pabrik senjata utama negara tersebut. Hal itu termasuk pabrik yang memproduksi sistem artileri dan meluncurkan kendaraan untuk rudal balistik berkemampuan nuklir. 

Melansir AP yang mengutip media pemerintah, Kim juga berjanji untuk mempercepat upaya dalam meningkatkan persenjataan dan kesiapan perang militernya.

Inspeksi tiga hari Kim yang berlangsung hingga Sabtu (5/8/2023), dilakukan ketika Amerika Serikat dan Korea Selatan bersiap untuk menggelar latihan militer gabungan putaran berikutnya yang direncanakan akhir bulan ini untuk mengatasi ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.

Ketegangan di Semenanjung Korea berada pada level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir karena laju uji coba rudal Korea Utara dan latihan militer bersama AS-Korea Selatan, yang digambarkan Kim sebagai latihan invasi. Aksi kedua belah pihak meningkat dalam siklus tit-for-tat (aksi saling membalas).

Beberapa ahli mengatakan kunjungan Kim ke pabrik senjata juga dapat dikaitkan dengan kemungkinan kerja sama militer dengan Moskow yang mungkin melibatkan pasokan artileri dan amunisi Korea Utara lainnya saat Presiden Rusia Vladimir Putin menjangkau negara lain untuk mendapatkan dukungan dalam perang di Ukraina.

Baca Juga: Korea Utara Kecam Bantuan Senjata AS ke Taiwan sebagai Aksi Provokasi Berbahaya

Menurut Kantor Berita Pusat Korea resmi Korea Utara (KCNA), selama kunjungan Kim ke pabrik yang tidak ditentukan yang memproduksi sistem artileri kaliber besar, dia menekankan tanggung jawab dan tugas penting pabrik dalam menyempurnakan kesiapan perang (Korut).

Kim memuji upaya pabrik untuk menggunakan langkah-langkah ilmiah dan teknologi untuk meningkatkan kualitas cangkang, mengurangi waktu pemrosesan untuk tabung propelan dan meningkatkan kecepatan produksi.

Selain itu, dia juga menyerukan perlunya mengembangkan dan memproduksi jenis cangkang baru.

Pada truk peluncur manufaktur pabrik lain yang dirancang untuk mengangkut dan menembakkan rudal balistik, Kim mengatakan peningkatan pasokan kendaraan adalah prioritas utama militer. Pada kesempatan itu, dia memuji para pekerja karena membangun "fondasi yang kuat" untuk produksi.

Di sebuah pabrik yang memproduksi mesin untuk rudal jelajah dan drone, Kim menyerukan produksi yang berkembang pesat. 

Baca Juga: Surat Xi Jinping: Korut dan China berbagi Persahabatan yang Ditulis dengan Darah




TERBARU

[X]
×