kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Laba Deutsche Bank jeblok 58%


Kamis, 28 April 2016 / 16:20 WIB
Laba Deutsche Bank jeblok 58%

Sumber: Reuters | Editor: Dupla Kartini

FRANKFURT. Meski melambat, namun pencapaian Deutsche Bank di kuartal pertama tahun ini cukup mengejutkan pasar. Perusahaan masih mampu membukukan laba bersih, meski sebelumnya pasar menduga Deutsche bakal merugi.

Sepanjang triwulan I-2016, perusahaan perbankan dan jasa keuangan global asal Jerman ini membukukan laba bersih senilai € 236 juta atau setara US$ 267,7 juta. Keuntungan Deutsche jeblok 58% dibandingkan periode yang sama kuartal sebelumnya. Namun, pencapaian tersebut jauh lebih baik ketimbang proyeksi analis yang menduga Deutsche akan merugi sebesar € 249 juta.


Manajemen Deutsche menyebut, keuntungan perusahaan turun karena kinerja bank investasi melorot di tengah volatilitas pasar. Namun, Deutsche masih mampu membukukan laba lantaran biaya litigasi lebih rendah. "Tahun 2016 akan menjadi tahun puncak untuk upaya restrukturisasi kami," kata Chief Executive John Cryan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/4).

Pada kuartal pertama 2016, pendapatan investasi turun 23% seiring penurunan harga komoditas, kekhawatiran tentang ekonomi Cina, dan tren suku bunga rendah menyebabkan klien menunda transaksi, investasi atau menerbitkan surat berharga baru. Kompetitor Deutsche, seperti Barclays dan Goldman Sachs juga mengalami kecenderungan penurunan dalam kegiatan investasi mereka.

Sebelumnya, Maret lalu, Deutsche Bank telah mengindikasikan kinerja investasi perbankan bakal lemah dalam tiga bulan pertama. Berbeda dari kondisi normal di mana biasanya awal tahun menjadi musim yang kuat bagi perbankan.




TERBARU

Close [X]
×