Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
NEW YORK. Facebook Inc mencatatkan lonjakan pendapatan sebesar 61% pada kuartal II 2014. Kenaikan ini ditopang oleh pendapatan iklan dari perangkat mobile.
Berdasarkan keterangan resmi Facebook, tingkat penjualannya pada periode tiga bulan yang berakhir Juni naik menjadi US$ 2,91 miliar dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni US$ 1,81 miliar. Sementara, hasil survei Bloomberg terhadap sejumlah analis menunjukkan angka penjualan rata-rata US$ 2,81 miliar.
Promosi di perangkat tanpa kabel menyumbang sekitar 62% pada penjualan iklan Facebook. Angka tersebut naik 59% dibanding periode sebelumnya.
Sementara, laba bersih naik menjadi US$ 791 juta atau 30 sen per saham dari posisi tahun lalu yakni US$ 333 juta atau 13 sen per saham. Laba di luar beberapa item adalah 42 sen per saham, melampaui estimasi analis sebesar 32 sen per saham.
Hasil kinerja Facebook kali ini kembali menggarisbawahi bagaimana perusahaan jaringan sosial berhasil meredakan kecemasan investor mengenai bagaimana perusahaan internet akan sulit mendapatkan iklan di perangkat mobile.
"Facebook memiliki penawaran iklan yang lebih baik saat ini. Beriklan di Facebook menjanjikan return tinggi bagi pengiklan sehingga mereka mau membayar lebih. Kondisi ini meningkatkan pendapatan Facebook," papar Shyam Patil, analis Wedbush Securities.
Pasca dirilisnya kinerja, harga saham Facebook mendaki hingga ke posisi US$ 75,45 setelah sebelumnya naik 2,9% menjadi US$ 71,29 pada level penutupan. Itu artinya, harga saham Facebook saat ini melampaui level rekornya di posisi US$ 72,03 pada Maret. Sepanjang tahun ini, harga saham Facebook sudah melambung 30%. Jauh lebih tinggi dari kenaikan indeks Standard & Poors 500 yang hanya naik 7,5% pada periode yang sama.