kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ledakan kembali terjadi di Iran, ini penyebabnya


Senin, 20 Juli 2020 / 05:30 WIB
Ledakan kembali terjadi di Iran, ini penyebabnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Teheran. Ledakan kembali terjadi di Iran. Kali ini, ledakan tersebut terjadi di sebuah pembangkit listrik di Iran pada Minggu (19/7/2020) dilansir dari AFP. 

Kasus ini menambah daftar ledakan yang belakangan marak terjadi di Iran. Juni lalu, terjadi dua ledakan di dekat fasilitas militer Iran dan di sebuah pusat kesehatan.

Kantor Berita Iran, IRNA, melaporkan ledakan tersebut terjadi karena ada peralatan yang rusak. Laporan tersebut menambahkan ledakan di pembangkit listrik di Provinsi Ishafan tersebut tidak menimbulkan korban.

Baca juga: Memalukan, BBC akan filmkan kejahatan seksual terbesar oleh seorang warga Indonesia

Direktur Pelaksana Perusahaan Listrik Isfahan, Said Mohseni, ledakan tersebut berasal dari sebuah transformator tua. Said Mohseni menambahkan pembangkit listrik kembali bekerja selang dua jam pasca-ledakan. Dia juga mengatakan catu daya dari pembangkit listrik tersebut tidak terganggu.

Insiden tersebut merupakan peristiwa ledakan terbaru di Iran setelah beberapa kali negara tersebut diguncang ledakan. Pada Juni, dua ledakan terjadi masing-masing di dekat fasilitas militer Iran dan di sebuah pusat kesehatan.

Selang beberapa hari, ledakan juga terjadi di galangan kapal di Iran Selatan. Ledakan juga terjadi di sebuah pabrik di dekat ibu kota Iran, Teheran, yang menewaskan dua orang.

Termutakhir, sebuah ledakan terjadi di kompleks fasilitas nuklir Natanz. Ledakan ini merebut perhatian global. Mulanya, Otoritas Iran menyebut insiden Natanz sebagai sebuah kecelakaan dan mengklaim kerusakannya tidak parah.

Namun belakangan, Iran menuduh Israel merupakan dalang di balik insiden ledakan di kompleks fasilitas nuklir Natanz. Rentetan kebakaran dan ledakan tersebut lantas telah memicu spekulasi Iran bahwa insiden-insiden tersebut merupakan sabotase dari Israel.

Baca juga: Benarkah Palestina dihapus dari Google Maps?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Iran Diguncang Ledakan Lagi, Kali Ini Ledakan di Pembangkit Listrik", https://www.kompas.com/global/read/2020/07/19/183219670/iran-diguncang-ledakan-lagi-kali-ini-ledakan-di-pembangkit-listrik

Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru




TERBARU

[X]
×