kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iran ungkap penyebab kecelakaan pesawat sipil Ukraina yang ditembak rudal


Senin, 13 Juli 2020 / 12:09 WIB
Iran ungkap penyebab kecelakaan pesawat sipil Ukraina yang ditembak rudal
ILUSTRASI. Debris of a plane belonging to Ukraine International Airlines, that crashed after taking off from Iran's Imam Khomeini airport, is seen on the outskirts of Tehran, Iran January 8, 2020. Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS ATTENTION


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - DUBAI.Organisasi Penerbangan Sipil Iran menyalahkan ketidakselarasan sistem radar dan kurangnya komunikasi antara operator pertahanan udara dan komandan Pengawal Revolusi Iran sebagai penyebab pesawat sipil Ukraina ditembak jatuh pada Januari 2020 dan menewaskan 176 orang.

Pengawal Revolusi Iran menembak jatuh pesawat sipil Ukraina International Airlines dengan rudal darat ke udara pada 8 Januari 2020 secara tak sengaja setelah pesawat itu lepas landas dari Teheran. Kondisi pasukan Iran yang sedang siaga tinggi karena berkonfrontasi dengan AS melakukan kesalahan dengan mengira pesawat itu milik AS.

Baca Juga: Pakar PBB: Serangan drone AS yang tewaskan Soleimani melanggar hukum internasional!

“Kesalahan dalam menyelaraskan sistem radar telah menyebabkan kesalahan manusia. Seorang operator lupa untuk menyesuaikan kembali arah pada sistem radar setelah pindah ke posisi baru, kesalahan yang berkontribusi salah membaca data radar, " tulis laporan sementara di situs web Organisasi Penerbangan Sipil (CAO) seperti dilansir Reuters, Senin (13/7).

Dalam rilis CAO pada Sabtu malam disebutkan, baterai rudal yang menargetkan pesawat sipil itu telah dipindahkan dan tidak ditempatkan dengan benar. 

Baca Juga: Presiden Iran: AS adalah teroris dan melakukan tindakan teroris

Kesalahan kemudian terjadi ketika Iran tengah siaga tinggi setelah Iran membombardir pangkalan-pangkalan AS di Irak sebagai pembalasan atas pembunuhan terhadap komandan militer Garda Revolusi Iran yang paling berpengaruh, Qassem Soleimani, dalam serangan rudal AS di Bandara Baghdad.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×