kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Liga Arab mendesak PBB untuk segera mengakhiri perang di Timur Tengah


Selasa, 20 April 2021 / 13:20 WIB
Liga Arab mendesak PBB untuk segera mengakhiri perang di Timur Tengah
ILUSTRASI. Ahmed Aboul Gheit pada pembukaan pertemuan darurat antara para menteri luar negeri Liga Arab, yang diadakan untuk membahas masalah-masalah tentang Libya, di markas besar di Kairo pada 2 Maret 2011.


Sumber: Arab News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KAIRO. Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit dengan tegas meminta Dewan Keamanan dan badan PBB lainnya untuk membangun kemitraaan strategis untuk menghentikan perang di kawasan Arab.

Menurut Gheit, kerjasama strategis yang berfokus pada satu kawasan akan meletakkan dasar bagi keamanan, stabilitas, dan pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut. 

"Upaya tersebut berdasarkan pada tanggungjawab utama PBB dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional," ungkap Gheit, seperti dikutip Arab News (19/4).

Seruan ini Gheit sampaikan saat hadir dalam pertemuan Dewan Keamanan tingkat tinggi pada Senin (19/4). Pertemuan itu menyoroti pentingnya kerjasama PBB dengan organisasi regional dan subregional sebagai bagian dari upaya untuk menjaga perdamaian dan keamanan global.

Baca Juga: Unjuk gigi, Iran pamerkan lusinan drone buatan lokal di Hari Tentara Nasional

Melansir Arab News, pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Nguyen Xuan Phuc, Presiden Vietnam, yang menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan bulan ini. Agenda utamanya adalah membahas cara-cara mengembangkan kepercayaan diri dan dialog dalam pencegahan dan resolusi konflik.

Pernyataan yang keluar pasca pertemuan menegaskan kembali tanggungjawab utama Dewan Keamanan PBB berdasarkan piagamnya adalah untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Selain itu, menekankan pentingnya peran organisasi regional dan subregional yang secara nyata memahami akar penyebab konflik bersenjata yang terus muncul di kawasan masing-masing.

Gheit juga meminta anggota dewan untuk memanfaatkan organisasi regional dan subregional dengan mendorong penyelesaian masalah secara damai melalui dialog, rekonsiliasi, konsultasi, negosiasi, jasa baik, mediasi, dan penyelesaian perselisihan secara yudisial.

Baca Juga: Percaya diri, Jenderal Iran sebut pertahanan udara negaranya yang terbaik di kawasan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×