kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Lotus luncurkan mobil listrik super


Kamis, 18 Juli 2019 / 19:57 WIB
Lotus luncurkan mobil listrik super

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - LONDON. Pabrikan mobil asal Inggris Lotus, merilis mobil super bertenaga listrik pada Selasa (16/7) di London. Mobil yang dinamai Evija yang berarti “yang pertama ada” ini berdaya 2000 PS, serta mampu mencapai kecepatan 62mph/100kmj dalam waktu kurang dari tiga detik. 

Mengutip Forbes, mobil ini digadang-gadang mampu menembus kecepatan 200mph (321 km/jam). Bahan dasar mobil ini adalah serat karbon ringan dengan desain rangka monokuk. Tak heran jika beratnya hanya 1.680 kg.


Evija dibanderol dengan harga £ 1,7 juta atau sekitar Rp 29,67 miliar. Mobil ini merupakan seri pertama dari hypercar listrik besutan Lotus. 

Mobil ini juga merupakan mobil pertama yang dikembangkan di bawah raksasa mobil ChIna dan pemilik Volvo serta Pilestar, Geely.

Selama 71 tahun sebagai pabrikan roda empat, Lotus dikenal memiliki mobil yang spektakuler untuk dikendarai. 

Dalam kasus Evija, desainnya merupakan tema visual baru untuk Lotus. Mobil ini dilengkapi dengan terowongan venturi, sebuah teknologi pada body mobil yang digunakan untuk mengoptimalkan aliran udara. 

Mobil ini juga dilengapi dengan lampu LED merah di bagian belakang yang terinsprasi dari jet tempur di malam hari.

Russell Carr, Direktur desain Lotus mengatakan proses kreatif desain mobil ini terinspirasi dari mobil balap Le Mans, terutama pada sisi aerodinamisnya. Mobil ini juga mengejar desain abadi yang memiliki down force tinggi.

Rencananya mobil ini akan dibatasi produksinya sebanyak 130 buah. Lotus ingin mempertahankan ekslusivitas mobil sekaligus menghormati nama kode proyek mobil, Tipe 130. 

Proses produksi mobil ini akan dilakukan di Hethel, dekat kota bersejaran Norwich, Inggris tahun depan.

“Evija akan membangun kembali merek kami di hati dan pikiran pencinta mobil sport dan dunia otomotif dunia. Ini juga akan memberi jalan model-model visioner lainnya,” ujar Chief Executive Officer Lotus Phill Popham.




TERBARU

Close [X]
×