kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin Panas, Kapal Perang Iran Memasuki Laut Merah


Selasa, 02 Januari 2024 / 07:26 WIB
Makin Panas, Kapal Perang Iran Memasuki Laut Merah
ILUSTRASI. Situasi di Laut Merah. Houthi Military Media/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Kantor berita Iran, Tasnim, melaporkan pada Senin (1/1/2024), kapal perang Alborz Iran telah memasuki Laut Merah. 

Aksi ini terjadi saat meningkatnya ketegangan di rute pelayaran utama di tengah perang Israel-Hamas dan serangan terhadap kapal oleh pasukan sekutu. 

Reuters memberitakan, Tasnim tidak memberikan rincian misi Alborz. Namun laporan tersebut mengatakan bahwa kapal perang Iran telah beroperasi di perairan terbuka untuk mengamankan rute pelayaran, memerangi pembajakan dan melaksanakan tugas lainnya sejak 2009.

Kelompok Houthi di Yaman yang didukung Iran telah menargetkan kapal-kapal di Laut Merah sejak November untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap kelompok Islam Palestina Hamas dalam perangnya dengan Israel.

Sebagai tanggapannya, banyak perusahaan pelayaran besar beralih ke rute yang lebih panjang dan lebih mahal di sekitar Tanjung Harapan di Afrika daripada melewati Terusan Suez, yang menangani sekitar 12% perdagangan global.

Menurut Tasnim, kapal perang Alborz memasuki Laut Merah melalui Selat Bab al-Mandab, tanpa menyebutkan kapan waktunya. 

Baca Juga: Militer AS Tenggelamkan Tiga Perahu dan Bunuh Sepuluh Militan Houthi di Laut Merah

Ada laporan yang belum dikonfirmasi di media sosial bahwa kapal perang tersebut sudah tiba pada Sabtu malam.

Menurut laporan Press TV, kapal perusak kelas Alvand telah menjadi bagian dari armada ke-34 angkatan laut Iran, bersama dengan kapal pendukung Bushehr, dan berpatroli di Teluk Aden, bagian utara Samudera Hindia dan Selat Bab Al-Mandab sejak tahun 2015.

Armada Kelima AS mengatakan mereka tidak dapat berbicara mewakili Angkatan Laut Iran atau mengomentari laporan yang belum dikonfirmasi mengenai pergerakan kapal Iran.

Militan Houthi menyerang kapal kontainer Maersk dengan rudal dan perahu kecil pada hari Sabtu dan Minggu, yang menyebabkan perusahaan tersebut menghentikan semua pelayaran melalui Laut Merah selama 48 jam.

Baca Juga: Houthi Kembali Serang Kapal Kontainer Maersk di Laut Merah, Maersk Stop Operasi

Kepala Angkatan Laut Iran, Shahram Irani, yang dikutip di media Iran pada 2 Desember mengatakan bahwa Alborz sedang menjalankan misi di Laut Merah.

Menteri Pertahanan Iran, Mohammad Reza Ashtiani, mengatakan pada 14 Desember sehubungan dengan Laut Merah bahwa tidak ada seorang pun yang dapat mengambil tindakan di wilayah di mana pihaknya memiliki dominasi di area tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×