kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mampukah AS tenggelamkan semua armada China di Laut China Selatan dalam 72 jam?


Senin, 16 November 2020 / 11:13 WIB
Mampukah AS tenggelamkan semua armada China di Laut China Selatan dalam 72 jam?
ILUSTRASI. Dua kapal perang jenis Destroyer milik China saat melakukan latihan.


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Tensi hubungan Amerika Serikat dan China nampaknya belum akan mereda dalam waktu dekat meski Joe Biden menggantikan Doland Trump. Termasuk untuk isu-isu terkait Laut China Selatan.

Pasalnya, kandidat menteri pertahanan AS di bawah kepemimpinan Biden dinilai memiliki pendekatan yang keras di Laut China Selatan. Michele Flournoy, mantan wakil menteri pertahanan AS di era Obama, disebut-sebut jadi kandidat kuat menteri pertahanan AS berikutnya.

Dalam sebuah artikel di jurnal Foreign Affairs pada bulan Juni, Flournoy mengatakan bahwa ketika kemampuan dan tekad Washington untuk melawan ketegasan militer Beijing di kawasan itu menurun, AS membutuhkan pencegahan yang kuat untuk mengurangi risiko salah perhitungan oleh kepemimpinan China.

Baca Juga: Presiden Donald Trump larang perusahaan AS investasi di 31 perusahaan China

“Misalnya, jika militer AS memiliki kemampuan untuk secara kredibel mengancam akan menenggelamkan semua kapal militer, kapal selam, dan kapal dagang China di Laut China Selatan dalam 72 jam, para pemimpin China mungkin berpikir dua kali sebelum, misalnya, meluncurkan blokade atau invasi,” tulis Flournoy seperti dikutip South China Morning Post.

Flournoy juga menekankan perlunya inovasi, terutama pada sistem tak berawak yang diperkuat oleh kecerdasan buatan, serta pertahanan siber dan rudal, serta jaringan komunikasi dan komando yang tangguh.

Dia mengatakan Amerika Serikat telah melakukan investasi berlebihan dalam platform dan sistem senjata lama sementara kurang berinvestasi dalam teknologi baru yang akan menentukan siapa yang memiliki keuntungan di masa depan.

“Untuk membangun kembali pencegahan yang kredibel terhadap China, Amerika Serikat harus mampu mencegah keberhasilan setiap tindakan agresi militer oleh Beijing, baik dengan menolak kemampuan PLA untuk mencapai tujuannya atau dengan mengenakan biaya yang begitu besar sehingga para pemimpin China akhirnya memutuskan bahwa tindakan tersebut bukan untuk kepentingan mereka,” katanya.

Baca Juga: Pakar militer sebut rudal baru Taiwan tidak akan berguna melawan China

Militer AS harus lebih mengandalkan kekuatan yang lebih kecil dan lebih gesit seperti kendaraan bawah air tak berawak, dan unit yang sangat mobile yang dapat bergerak untuk mempersulit perencanaan China.

Pengamat pertahanan dan diplomatik mengatakan bahwa gagasan itu akan membutuhkan biaya besar. Tetapi hal ini menandakan bahwa AS akan terus menumpuk tekanan militer terhadap China.

Tetapi pandemi virus corona membayangi anggaran pertahanan AS di masa depan dan ada tambahan ketidakpastian tentang apakah investasi dapat dialokasikan kembali dari program yang bersaing untuk merealisasikan rencana tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×