kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,94   -3,77   -0.38%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

McD Versi Rusia Diserbu Pembeli, 120.000 Burger Terjual di Hari Pertama Buka


Kamis, 23 Juni 2022 / 12:10 WIB
McD Versi Rusia Diserbu Pembeli, 120.000 Burger Terjual di Hari Pertama Buka
ILUSTRASI. Vkusno & Tochka. REUTERS/Evgenia Novozhenina


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bekas restoran McDonald's di Rusia yang kini berganti nama menjadi Vkusno & Tochka mendapatkan sambutan baik dari masyarakat lokal. Chief Executive Oleg Paroev menyatakan bisnisnya berjalan baik meski tidak lagi menggunakan logo, kemasan, dan warna ikonik franchise tersebut. 

Terbukti, McD versi Rusia ini sukses menjual 120.000 burger di hari pembukaannya pada 12 Juni lalu. 

"Pada hari pertama kami menjual hampir 120.000 burger," kata Paroev, dikutip dari Reuters. 

"Kami belum pernah melihat omset harian seperti itu selama McDonald's beroperasi di Rusia," ujar pria yang sebelumnya mengorganisir 25 restoran McDonald's ini. 

Baca Juga: Vkusno & Tochka Adalah Merek Baru Untuk McDonald's di Rusia, Ini Arti Namanya

Meski demikian, burger yang laris manis ini bukan Big Mac, menu legendaris restoran McDonald's di seluruh dunia. Konsumen membeli double cheeseburger serupa, namun dengan resep dan logo dari Vkusno & Tochka. Vkusno & Tochka kini memiliki 50 restoran yang berada di lokasi lama franchise asal Amerika Serikat ini. 

Namun Paroev berniat mengembangkan bisnisnya dan membuka lebih banyak lagi restoran tersebut, dengan hengkangnya McDonald's dari negaranya. Targetnya adalah 1.000 restoran dalam waktu 4-5 tahun mendatang, melampaui 850 cabang McDonalds sebelumnya. 

Meski demikian, ia mengakui tantangan untuk mengganti beberapa bahan dan pemasok serta berurusan dengan pewaralaba lain yang masih menggunakan merek McDonald's. Pasalnya, sejumlah mantan pemilik waralaba ini yang memanfaatkan merek perusahaan ini untuk menjalankan bisnisnya. 

"Ini adalah misteri bagi saya produk apa yang dijual di sana," katanya. 

Baca Juga: Heir to McDonald's Russia Craves Success But Big Mac a 'Big Loss'

"Tetapi saya dapat mengatakan dengan pasti bahwa itu sama sekali bukan produk atau bahan yang sama yang sebelumnya dijual di McDonald's." 

Pasalnya, Vkusno & tochka masih memiliki akses ke pemasok lama sedangkan mantan pemilik waralaba lainnya tidak. Pihaknya, kata Paroev, telah membeli sekitar 700 bekas restoran McD, namun masih ada 100an lagi yang belum tersentuh. Selain itu, mantan pemilik waralaba McD di Rusia juga telah diajak untuk bergabung dengan jaringan Vkusno & tochka meskipun tidak semua bersedia melakukannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diserbu Pembeli, McD Versi Rusia Jual 120.000 Burger di Hari Pembukaan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×